Pemasangan PJU Tangsel Lebihi Target RPJMD

FOTO: sopy/indolinear.com
Senin, 11 November 2019

Indolinear.com, Tangsel – Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki target untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) setiap tahunnya 2.000 unit lampu. Untuk tahun ini sebanyak 3.339 unit lampu dipasang tersebar di 205 lokasi di Kota Tangsel, yang ditarget selesai pada pertengahan Desember 2019.

Menurut Kepala Bidang PJU dan Pemakaman Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, Muhammad Saleh Musa, 205 lokasi tersebut merupakan jalan lingkungan yang tersebar di tujuh kecamatan.

“Hingga saat ini telah terlaksana 169 lokasi pemasangan PJU. Sisanya, masih dalam proses pengerjaan, dengan target selesai hingga (15/12/2019) mendatang,” ujarnya kepada Indolinear.com pada Senin, 11 November 2019.

Pemasangan PJU di 205 lokasi kata Musa, membutuhkan sekitar 3.339 unit PJU dan dikhususkan untuk jalan lingkungan, dengan besaran daya 40 Watt.

Dalam satu lokasi, titik yang dipasang unit PJU normalnya berjarak 40 meter lebih dan di prioritaskan untuk jalan lingkungan yang belum memiliki penerangan. Sedangkan dari Musrenbang dan reses, targetnya sebanyak 2000 unit PJU per tahun. Artinya, Bidang PJU telah melampaui target.

Setelah jalan-jalan arteri, kolektor, dan jalan lokal telah selesai dipasang PJU, maka akan dilanjut dengan pemeliharaan dan perawatan sesuai dengan kebutuhan.

“Dalam RPJMD untuk pemeliharaan sebesar 1000 titik lampu atau unit PJU pertahun. Untuk perbaikan lampu yang mati, kabel yang rusak, box panel dan peralatan lainnya yang harus segera diganti,” jelasnya.

Dirinya pun berharap masyarakat juga ambil peran untuk bekerja sama dengan Bidang PJU Disperkimta Tangsel untuk melapor ke simpelpjutangsel.com, jika menemukan jalan yang gelap. Karena jalan yang gelap kerap menimbulkan kriminalitas.

“Selain mengurangi dan mencegah terjadinya kriminalitas, pemasangan unit-unit PJU agar Tangsel tampak terang di malam hari. Sedangkan untuk keindahannya, dikatakan apabila disertai dengan lampu hias. Nanti pelan-pelan akan diindahkan, sekarang baru terpasang dibeberapa titik saja,” katanya.

INDOLINEAR.TV