Pelatihan Tunas Integritas Untuk Cegah Korupsi Di Tangsel

Diskominfo Tangsel for indolinear.com
Senin, 6 November 2017
loading...

Indolinear.com,  Tangsel –  Guna memaksimalkan pengetahuan di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan tentang integritas dan aplikasinya, Pemkot melalui Inspektorat menyelenggarakan pelatihan.  Tunas Integritas nama pelatihan yang dua hari bertempat di Aula Lantai 4 Pemkot Tangsel, Ciputat, Kota Tangsel, Rabu (1/11) itu.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan para peserta jadi agen perubahan (agent of change) dalam kehidupan organisasi dan pencapaian tujuan organisasi. Hadir dalam kegiatan tersebut tim tunas integritas dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dari Kementerian Pendidikan, dan tim integritas dari Palembang.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengungkapkan, workshop ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai anti korupsi dengan mendorong tumbuhnya program “Tunas Integritas” di Kota Tangsel.

“Tangsel terus membangun komitmen yang kuat untuk menjadi bagian dalam upaya pemberantasan korupsi, salah satu upayanya melalui inisiatif mengintegrasikan program yang ada melalui program pencegahan korupsi,” ungkapnya.

Tunas integritas bertujuan untuk menegaskan komitmen institusi sebagai lembaga pemerintahan yang konsisten dalam pencegahan terjadinya korupsi.

Benyamin menjelaskan, semua dinas rentan terkena korupsi, namun ada beberapa dinas yang paling rawan dan perlu dilakukannya pencegahan. Dinas yang dimaksud Benyamin rentan korupsi yakni kedinasan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan dan pelayanan publik.

“Kinerja aparatur perlu ditingkatkan, dan perlu diberikan wejangan melalui workshop ini,” jelasnya sambil mengatakan, korupsi itu bukan berasal dari moral, namun integritas dalam diri.

Asep Chaeruloh, salah satu narasumber KPK menjelaskan workshop merupakan kegiatan untuk membuka pintu terkait budaya integritas. Secara berjenjang nantinya terus menerus dibuat konsep dan rencana aksi, supaya betul-betul budaya integritas ini menjadi riil.(rls/fin)