Pegawai Lapas Kelas IIA Bekasi Rutin Jalani Rapid Test

FOTO: wartakota.tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 21 September 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Pegawai yang bertugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Bekasi rutin melakukan rapid test virus corona atau Covid-19.

Rutin pemeriksaan virus corona itu dikemukakan oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kelas IIA Bekasi, Tommy Ardy.

Menurut Tommy Ardy, rapid test itu dilakukan terhadap petugas sipir.

Rapid test dilakukan pihaknya lantaran petugas tahanan kerap keluar masuk lingkungan lapas sehingga lebih rentan tertular virus corona.

“Sesuai dengan arahan Ditjen Pemasyarakatan, kami juga gelar rapid test untuk para petugas tahanan,” ujar Tommy saat dikonfirmasi, dilansir dari Wartakota.tribunnews.com (20/09/2020).

Kegiatan rapid test untuk petugas tahanan dilakukan rutinĀ  2 minggu sekali.

“Kalau petugas kami rutin 2 minggu sekali. Karena petugas yang lebih rentan tertular. Mereka kan keluar masuk lapas atau kantor kemudian pulang ke rumah,” ucapnya.

“Tapi kalau tahanan kan tidak ke mana-ke mana,” katanya lagi.

Sementara itu, rapid test juga diadakan pihaknya untuk para warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana secara bertahap.

Untuk melakukan rapid test terhadap para tahanan itu, pihaknya mengajukan permohonan kepada Dinas Kesehatan Kota Bekasi.

“Untuk lapas kelas IIA Bekasi kami sudah melakukan rapid test sejumlah narapidana yang ada 1,386 orang, semua sudah kami tes.”

“Secara bertahap tidak sekaligus bekerja sama dengan dinas kesehatan dan Pemkot Bekasi,” ujar Tommy.

Protokol kesehatan yang ketat juga dilakukan ketika Lapas Kelas IIA Bekasi menerima tahanan baru atau titipan dari polsek maupun polres.

“Untuk saat ini kiriman tahanan dari polres dan polsek lain, harus disertai hasil rapid test yang negatif untuk mencegah penyebaran virus di dalam lapas,” tutur Tommy Ardy. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: