Peduli Budaya Seni Bela Diri, Disbudpar Kota Tangerang Berikan Matras ke 20 Perguruan

FOTO: Eksklusif Disbudpar Kota Tangerang for Indolinear.com
Sabtu, 28 Agustus 2021
loading...

Indolinear.com, Kota Tangerang – Sebanyak 20 perguruan padepokan di Kota Tangerang menerima bantuan berupa matras dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang. Bantuan ini sebagai wujud kepedulian Pemerintah Kota Tangerang terhadap budaya seni bela diri yang masih dilestarikan.

Kepala Disbudpar Kota Tangerang H. Ubaidillah Ansar, S.Sos, M.Si mengatakan, bantuan berupa matras ini merupakan upaya untuk menunjang latihan para perguruan pencak silat di Kota Tangerang. Dia menekankan, kesenian bela diri harus terus dilestarikan.

“Jadi kami meminta kepada para perguruan untuk menciptakan satu jurus khas dan asli Kota Tangerang yang digabungkan dari para perguruan yang ada di Kota Tangerang,” ujar Ubaidillah, Jumat (27/8/2021).

Setelah itu, lanjut dia, seni bela diri tersebut bisa ditampilkan secara masif. Sebab, menampilkan bela diri secara masif bukan hanya menghasilkan keindahan seni saja, tetapi akan membuat girah para pemuda.

“Pemberian bantuan fasilitas latihan ini diharapkan bisa mendorong para perguruan untuk bekerja keras, serta potensi pemuda di Kota Tangerang akan terarah ke hal-hal positif,” ucap Ubaidillah.

Di sisi lain, dia mengimbau perguruan padepokan di Kota Tangerang untuk selalu mematuhi protokol kesehatan 5M, yaitu memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Protokol kesehatan 5M adalah salah satu upaya untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Kita semua tentu berharap agar pandemi ini segera berakhir,” kata Ubaidillah.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kota Tangerang Sumangku mengatakan, kegiatan-kegiatan kebudayaan harus bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangerang, karena dalam budaya terdapat kearifan.

“Ada 20 perguruan yang saat ini diberikan matras. Ini menjadi ukuran bahwa Disbudpar Kota Tangerang menangkap keinginan teman-teman perguruan padepokan di Kota Tangerang,” ujar dia.

Selain matras untuk para perguruan, Disbudpar Kota Tangerang akan memberikan bantuan kepada para pelaku seni budaya yang lain. “Sasaran penerima bantuan adalah yang masih terus melestarikan budaya,” pungkas Sumangku.(ADV)