Pedagang Alun-alun Wajib Bubar Pukul 21.00, Akan Disiram Pakai Damkar Jika Bandel

FOTO: jakarta.tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 18 September 2020
loading...

Indolinear.com, Bekasi – Walikota Bekasi Rahmat Effendi mengimbau pedagang di Alun-alun Kota, Jalan Veteran, Bekasi Selatan wajib membubarkan diri pukul 21.00 WIB.

Kebijakan ini dikeluarkan guna mengantisipasi tingginya kasus penularan Covid-19 sejak beberpa pekan terakhir serta kebijakan PSBB ketat DKI Jakarta.

Walikota Bekasi Rahmat mengatakan, pihaknya meminta agar pedagang patuh dengan peraturan yang dikeluarkan Pemerintah Kota Bekasi.

“Nggak ada lagi kalau seumpamanya kuliner di depan RSUD (alun-alun), lewat dari jam 9 yasudah kita bersihkan, kita bubarkan,” kata Rahmat, dilansir dari Jakarta.tribunnews.com (17/09/2020).

Bahkan Rahmat berkelakar, tidak akan segan menerjunkan mobil Pemadam Kebakaran (damkar) untuk membubarkan pedagang yang bandel saat diperintahkan untuk bubar.

“Nah itu yang nggak konsisten petugasnya (saat membubarkan), besok kita gunakan pemadam kebakaran, diguyur biar adem,” kelakarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan usaha rumah makan dibatasi hingga pukul 21.00 WIB berbarengan dengan operasional mal dan pusat perbelanjaan.

Sedangkan untuk rumah makan di luar mal, mereka dilarang melayani pelanggan makan di lokasi di atas jam 9 malam.

“Rumah makan itu kita sesuaikan dengan tutupnya mal jam 9 malam, setelah itu boleh melakukan drive-thru, tempat hiburan dari jam 2 siang ke jam 11 malam, kita kurangi,” terangnya.

Kebijakan tutup operasional hingga pukul 21.00 WIB ini juga berlaku untuk pedagang kaki lima, kedai kopi dan rumah makan kecil di seluruh wilayah Kota Bekasi.

Selain itu, Rahmat memastikan pihaknya juga akan meningkatkan pengawasan protokol kesehatan baik di lingkungan masyarakat maupun tempat usaha.

Personel dari aparatur sipil negara (ASN) dan tenaga kerja kontrak di seluruh lingkungan Kota Bekasi dipecah menjadi dua bagian.

“Kita terapkan kapasitas kantor 50 persen, jadi sebagian tetap bekerja dari kantor sebagian lagi bergabung menjadi relawan di lingkungan,” terangnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: