Paus Fransiskus Muncul Di Publik Untuk Pertama Kalinya Sejak Operasi

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 13 Juli 2021
loading...

Indolinear.com, Vatikan – Pemimpin Umat Katolik Paus Fransiskus, tampak dalam kondisi baik, muncul di depan umum pada Minggu (11/7/2021).

Ini adalah untuk pertama kalinya Paus menampakkan dirinya sejak menjalani operasi usus seminggu yang lalu.

Dalam pernyataan sebelumnya, seperti dikutip dari BBC, Vatikan mengatakan Paus Fransiskus dirawat di Rumah Sakit Universitas Gemelli karena “symptomatic diverticular stenosis” pada usus besarnya.

Seperti dilansir dari Tribunnews.com (12/07/2021), Fransiskus terlihat melangkah di balkon rumah sakit untuk memimpin doa mingguannya di hadapan ratusan orang.

Paus berusia 84 tahun itu berdiri di balkon, di lantai 10 Rumah Sakit Gemelli selama sekitar 10 menit.

Ia membaca dari teks yang disiapkan, tetapi juga menambahkan banyak pernyataan tambahan.

Dia tampak sedikit terengah saat bernafas.

Pemimpin Negara Vatikan ini sudah kehilangan sebagian paru-paru kanannya,  ketika ia masih muda di negara asalnya Argentina.

Ratusan orang berkumpul di ruang terbuka di bawah berteriak “Viva il Papa!” (Panjang Umur Bapa Paus).

Dokter dan pasien berdiri di balkon lain untuk menyaksikan doa bersama tersebut.

Beberapa anak yang merupakan pasien di rumah sakit muncul bersama paus di balkon.

Ini adalah pertama kalinya sejak pemilihannya sebagai Paus pada tahun 2013 bahwa Fransiskus tidak membaca doa dan pesan hari Minggu dari jendela yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus.

Sebelumnya dilaporkan ini pertama kalinya Paus Fransiskus dirawat di rumah sakit sejak pengangkatannya di Vatikan pada 2013.

Pada hari Minggu (4/7/2021), sebelum ia dibawa ke rumah sakit, Paus berbicara kepada ribuan pengunjung di Lapangan Santo Petrus.

Selain sebagian parunya sudah tidak ada, Fransiskus juga menderita masalah pinggul dan linu panggul, yang menyebabkan rasa sakit yang menjalar dari punggung bagian bawah sampai ke kaki.  (Uli)

loading...