Parlemen Kampus Unsoed 2022, Wujud Edukasi Generasi Muda Peduli Isu Politik

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Jumat, 3 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Biro Protokol dan Humas Sekretariat Jenderal DPR RI menyelenggarakan kegiatan Parlemen Kampus tahun 2022 dengan mengusung tema “Pemanfaatan Teknologi Informasi, Mewujudkan DPR RI Parlemen Modern” di Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu, Plt. Deputi Bidang Persidangan Sekretariat Jenderal DPR RI Suprihartini menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya memperkenalkan kehidupan politik dan demokrasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

Melalui kegiatan ini, ia berharap generasi muda sudah sejak dini peduli terhadap isu-isu politik yang menyangkut kebijakan public, sehingga akan menumbuhkan kesadaran serta semangat partisipasi politik. “Dengan kegiatan ini mahasiswa diajak untuk berlatih cara berfikir sekaligus mengajak mahasiswa untuk berkontribusi menyampaikan gagasan yang objektif secara positif terkait topik kegiatan,” ujar Suprihartini saat memberikan sambutan, Kamis (1/6/2022). Parlemen Kampus 2022 dibuka oleh Ketua BURT DPR RI Agung Budi Santoso, dilansir dari Dpr.go.id (02/06/2022).

Adapun alasan mengusung tema tentang pemanfaatan teknologi ini disebabkan karena hal itu harus dikembangkan secara merata, dan menyebar ke seluruh lapisan masyarakat, namun dengan tetap menjaga, memelihara, dan memperkukuh persatuan dan kesatuan nasional berdasarkan peraturan perundang-undangan demi kepentingan nasional. Sehingga, pemanfaatan teknologi informasi oleh masyarakat dilakukan secara aman untuk mencegah penyalahgunaannya dengan memperhatikan nilai agama, sosial dan budaya masyarakat.

“Dengan kegiatan ini dengan harapan dapat diperolehnya berbagai perspektif dan pemikiran dari berbagai pihak dalam memperkuat instrumen hukum pemanfataan teknologi informasi di Indonesia,” tutup Kepala Biro Persidangan I Setjen DPR RI tersebut mengakhiri sambutannya. (Uli)

loading...