Parlemen Kampus Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Guna Menuju Visi Parlemen Modern

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Sabtu, 4 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Sekretariat Jenderal DPR RI melalui Biro Protokol dan Humas menyelenggarakan kegiatan Parlemen Kampus 2022 dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat guna menuju visi Parlemen Modern. Hal itu sebagaimana ditegaskan Kepala Biro Protokol dan Humas Setjen DPR RI Suratna saat penyelenggaraan kegiatan Parlemen Kampus 2022 di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Purwokerto, Jawa Tengah.

“Kita ketahui ciri Parlemen Modern adalah bagaimana mendorong partisipasi masyarakat terhadap DPR, termasuk dari kalangan mahasiswa,” ujar Ratno, sapaan akrab Suratna di Kampus Unsoed, Purwokerto, Kamis (3/6/2022). Menurutnya, sebagai salah satu kelompok kepentingan, mahasiswa memiliki peran yang sangat strategis untuk berkontribusi kepada masyarakat, dilansir dari Dpr.go.id (03/06/2022)

Oleh karena, kampus dengan segenap komponen sivitas akademik di dalamnya memiliki ragam basis disiplin ilmu, yang berguna untuk memberi masukan kepada DPR terhadap setiap proses pengambilan kebijakan. “Sehingga, dengan Parlemen Kampus ini harapan kita kualitas kebijakan publik yang dihasilkan DPR RI akan mencerminkan harapan dari masyarakat,” harap Ratno.

Di sisi lain, Parlemen Kampus juga bagian untuk menjelaskan kepada masyarakat mengenai tugas dan fungsi DPR RI sebagaimana aturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2019 juncto UU Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) . Yaitu, DPR RI memiliki tugas dan fungsi pokok di Bidang Legislasi, Anggaran, dan Pengawasan.

“Karena selama ini memang pemahaman masyarakat terhadap DPR RI ini belum sempurna. Artinya, masih banyak masyarakat memandang bahwa DPR RI ini seperti lembaga yang notabene sebagai pemerintah yang bisa eksekusi seluruh kebijakan,” tambah Ratno.

Meskipun demikian, ia menegaskan kritik, saran, dan masukan kepada DPR RI adalah suatu hal yang wajar. Oleh karena, DPR RI adalah representasi rakyat Indonesia. Sehingga, segala bentuk aspirasi dari masyarakat menjadi bahan DPR RI dalam melakukan evaluasi terhadap kinerjanya.

“Jadi DPR RI sangat, sangat terbuka. Bahkan kita mempunyai kanal-kanal pengaduan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi. Bahkan, masyarakat bisa langsung datang ke DPR RI, nanti Bagian Humas akan membantu memfasilitasi untuk bertemu menyampaikan aspirasi langsung kepada Dewan,” tutup Ratno.

Diketahui, kegiatan Parlemen Kampus 2022 ini mengusung tema ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi, Mewujudkan DPR RI Parlemen Modern’. Parlemen Kampus kali ini untuk pertama kalinya diselenggarakan pasca Indonesia masuk ke fase pelonggaran protokol kesehatan sebagaimana aturan dari pemerintah. (Uli)

loading...