Parlemen Jepang Setujui Untuk Kesepakatan Perdagangan Bebas RCEP

FOTO: cnnindonesia.com/indolinear.com
Sabtu, 1 Mei 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Parlemen Jepang Diet menyetujui kesepakatan perdagangan bebas Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) antara 15 negara Asia dengan negara Oseania pada Rabu (28/4) ini.

Dikutip dari Cnnindonesia.com (30/04/2021), kesepakatan RCEP disetujui pada rapat pleno House of Councilors, majelis tinggi dari Diet. Itu diberikan setelah Dewan Perwakilan Rakyat Jepang, majelis rendah, memberikan persetujuannya awal bulan ini.

Kesepakatan tersebut diramal akan menciptakan kawasan perdagangan bebas besar yang mencakup sekitar 30 persen dari produk domestik bruto (PDB) global dan perdagangan.

Pasalnya, dengan kesepakatan ini tarif perdagangan 91 persen produk, terutama industri, akan dihapus atau dinolkan..

Kesepakatan RCEP akan menjadi perjanjian kemitraan ekonomi pertama Jepang yang melibatkan China atau Korea Selatan. Peserta yang tersisa adalah Australia, Selandia Baru dan 10 negara anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Pakta tersebut akan mulai berlaku setelah prosedur domestik yang diperlukan diselesaikan di setidaknya enam negara anggota ASEAN dan tiga negara lainnya. (Uli)