Parlemen AS Menyetujui Anggaran Jangka Pendek Untuk Pemerintah

FOTO: republika.co.id/indolinear.com
Sabtu, 21 September 2019

Indolinear.com, Washington DC – Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat menyetujui anggaran jangka pendek untuk pemerintahan Donald Trump. Persetujuan itu memberikan ruang bagi pemerintahan AS untuk bertahan hingga 21 November mendatang.

Langkah parlemen memberikan persetujuan pendanaan jangka pendek sekaligus untuk menghindari potensi shutdown pemerintahan. Seperti diketahui bulan Oktober merupakan masa akhir pemerintahan.

Pemerintahan AS dapat mengalami shutdown jika belum ada kesekapatan mengenai persoalan anggaran negara antara eksekutif dan legislatif. Pendanaan untuk kegiatan pemerintah setiap tahunnya akan berakhir setelah tengah malam pada tanggal 30 September mendatang.

Seperti dilansir dari Republika.co.id (20/09/2019), persetujuan tersebut dituangkan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) dan masih membutuhkan persetujuan beberapa pihak. Beleid itu masih membutuhkan persetujuan kongres serta tanda tangan Presiden AS Donald Trump.

Jika telah disetujui, maka secara sah pemerintah AS akan tetap didanai hingga tanggal 21 November mendatang. Meski begitu, parlemen AS tetap menargetkan agar kesepakatan anggaran belanja negara tahun 2020 secepatnya disepakati antara legislati dan eksekutif. (Uli)