Para Relawan Ini Pakai Elang untuk Pantau Iklim Di Tiga Negara

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 22 Juni 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Jika diamati, belakangan ini iklim di bumi sedang tidak menentu. Seperti yang harusnya sudah memasuki musim hujan, justru musim panas masih terlihat panjang. Perubahan iklim dan cuaca berdampak sangat luas pada kehidupan masyarakat.

Kenaikan suhu bumi tidak hanya berdampak pada naiknya temperatur bumi tetapi juga mengubah sistem iklim dan cuaca yang mempengaruhi berbagai aspek pada perubahan alam dan kehidupan manusia. Seperti kualitas dan kuantitas air, habitat, hutan, kesehatan, lahan pertanian dan ekosistem wilayah pesisir.

Keadaan yang tak menentu ini juga menyulitkan beberapa pihak untuk menentukan perubahan cuaca yang akan datang. Hal ini lah yang mendorong banyak relawan berlomba-lomba mencari solusi untuk dapat memantau iklim di bumi ini yang kian tak menentu.

Para relawan dari Eagle Wings Foundation diketahui telah memiliki cara yang unik untuk dapat memantau perubahan iklim. Seperti namanya, Eagle Wings Foundation menggunakan elang untuk membantu memantau iklim di 3 negara, seperti yang dilansir dari Liputan6.com (21/06/2020).

Menggunakan Elang untuk Memantau Iklim

Eagle Wings Foundation menggunakan elang jenis elang putih untuk membantu memantau iklim di Swiss, Prancis, dan Austria. Elang pintar tersebut diberi nama Victor. Victor adalah elang ekor putih berusia sembilan tahun.

Victor sendiri sudah dianggap sebagai relawan dalam sebuah misi untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim di Pegunungan Alpen. Untuk memantau perubahan iklim, Victor dibekali dengan kamera 360 derajat yang dipasang di punggungnya.

Victor akan diterbangkan di atas Mont Blanc dan akan memantau cuaca di tiga negara selama lima hari. Elang dengan lebar sayap 2.10 meter ini merupakan bagian dari proyek Alpine Eagle Race.

Menyadarkan Dunia

Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pada mencairnya gletser karena efek pemanasan global dan perubahan iklim di dunia. Gambar yang ditampilkan dari hasil pengambilan gambar memperlihatkan bagaimana glatser yang sekarang mulai mencair karena pemanasan global.

The Eagle Wings Foundation berharap, gambar yang diambil Victor dapat membantu dunia keluar dari sikap apatis pada perubahan iklim, dan menjadi gambaran pentingnya melindungi habitat asli para hewan dan lingkungan mereka. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: