Panglima TNI Merencanakan Pembangunan Laboratorium Virus Di Pulau Galang

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 9 November 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto merencanakan pembangunan laboratoriun virus di Pulau Galang Batam.

Laboratorium tersebut, kata Hadi akan digunakan untuk membiakan dan meneliti virus untuk pengembangan vaksin terhadap virus tersebut untuk kebutuhan prajurit TNI.

Hadi mengatakan laboratorium tersebut rencananya akan dibangun dengan Bio Standard Level (BSL) 3 sampai 4.

Rencana pembangunan tersebut, kata Hadi, berkaca dari situasi pandemi covid-19 yang mengancam dan melumpuhkan sendi-sendi kehidupan manusia terutama dari aspek kesehatan dan ekonomi.

Rencana tersebut disampaikan Hadi dalam tayangan Podcast Puspen TNI Episode 16 Edisi Khusus bertajuk 30 Menit Bersama Panglima TNI yang tayang perdana pada Minggu (8/11/2020).

“Ke depan kita juga akan mengajukan untuk kita bisa memiliki satu laboratorium dengan BSL level 3 atau 4 di mana Lab BSLĀ  itu bisa kita gunakan untuk membiakkan virus sehingga bisa menjadi vaksin yang bisa kita suntikkan kepada prajurit,” kata Hadi, dilansir dari Tribunnews.com (08/11/2020).

Untuk kebutuhan itu, kata Hadi, rencananya TNI juga akan merekrut tenaga dokter dan ahli farmasi yang berkaitan dengan mikrobiologi.

Namun demikian, kata dia, rencana tersebut memerlukan waktu dan perencanaan yang panjang.

“Tentunya ini memerlukan waktu dan perencanaan yang panjang karena harus diawaki oleh para ahli,” kata Hadi. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: