Panglima TNI Menyiapkan Hercules C-130 Untuk Mudik Natal Warga Papua

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Jumat, 25 Desember 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menginstruksikan kepada TNI AU menyiapkan satu pesawat Hercules C-130 dalam rangka membantu mudik Natal masyarakat Jayapura yang ingin pulang kampung ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, demikian juga sebaliknya untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2021.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi mengatakan pesawat tersebut diprioritaskan untuk membantu tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat yang kurang mampu.

“Saat ini, Lanud Silas Papare mendukung pelaksanaan operasi penerbangan pesawat Hercules TNI-AU yang disiapkan untuk membantu tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat dari Jayapura yang kurang mampu dan ingin merayakan Natal di Wamena,” kata Budhi dalam keterangan tertulis yang dilansir dari Tribunnews.com (24/12/2020).

Budhi mengatakan bantuan tersebut berawal permintaan dari Ketua Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Pdt Lipius Binilux ke Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Budhi mengatakan, TNI memberikan fasilitas layanan angkutan pulang kampung gratis bagi warga Kota Wamena saat momen Natal dan Tahun Baru.

Angkutan udara tersebut, kata Budhi, sudah mulai membawa penumpang pada Rabu kemarin.

Budhi mengatakan dukungan angkutan udara ini dilaksanakan hingga hari Kamis 24 Desember 2020.

“Ini merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat Papua agar dapat merayakan Natal dengan penuh kedamaian dan sukacita,” kata Budhi.

Budhi menambahkan setiap penumpang harus melaksanakan Protokol Kesehatan yang telah ditentukan, antara lain harus pakai masker, dilaksanakan pengecekan suhu tubuh, dan melengkapi diri dengan surat keterangan bebas Covid-19.

Ketua FKUB Papua, Pendeta Lipius Binilux, mengapresiasi bantuan yang diberikan TNI untuk masyarakat, sehingga dapat merayakan Natal dengan sukacita bersama keluarga.

Di tempat terpisah, Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan dalam rangka pengamanan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru di wilayah Papua semua prajurit tetap siaga sambil membantu masyarakat dengan tetap melakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Situasi cukup landai dan masyarakat sangat antusias serta fokus pada bulan kasih menjelang penyambutan Natal dan Tahun Baru 2021,” kata Suriastawa.  (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: