Panggilan 911 Pertama Kali Dilakukan Di Amerika Serikat

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 15 Maret 2021
loading...

Indolinear.com, Amerika Serikat – Pada 16 Februari 1968, panggilan resmi “911” pertama dilakukan di Amerika Serikat.

Saat ini, 911 adalah nomor yang digunakan sebagai tindakan pertama di Amerika Serikat dalam keadaan darurat.

Pada tahun 1968, 911 masih merupakan penemuan yang relatif baru dan belum menjadi standar di Amerika Serikat.

Dikutip dari Liputan6.com (13/03/2021), karena telepon menjadi umum di rumah tangga AS, departemen pemadam kebakaran di seluruh negeri merekomendasikan untuk membuat satu nomor sederhana untuk dihubungi jika terjadi kebakaran atau keadaan darurat lainnya.

Sistem yang serupan dengan 911 sudah diterapkan di Inggris beberapa dekade sebelumnya pada tahun 1936 dengan nomer 999.

Federal memutuskan untuk bertindak pada tahun 1967, tetapi nomornya sendiri bukan berasal dari pemerintah tetapi dari AT&T — perusahaan yang mengendalikan hampir semua saluran telepon di AS.

Kanada Juga Menggunakan 911

Pada saat itu, AT&T dianggap sebagai “monopoli alami”, monopoli dibiarkan ada karena biaya infrastruktur yang tinggi dan hambatan masuk mencegah penantang muncul.

AT&T menyarankan nomor 911 karena mudah diingat dan, yang terpenting, belum ditetapkan sebagai kode area atau kode lain, yang akan membuat transisi lebih mudah.

Panggilan 911 pertama dilakukan oleh Rep. Rankin Fite, Ketua Dewan Perwakilan Alabama, di kota Haleyville, AL pada tanggal 16 Februari tahun berikutnya.

Perlu waktu bertahun-tahun sebelum sistem itu tersebar luas dan puluhan tahun sebelum akhirnya menjadi seragam di seluruh negeri.

Akhirnya, pada 1973, White House baru mengeluarkan pernyataan resmi untuk mendukung 911 — dan membuat penggunaannya sebagai saran bukan hukum atau perintah eksekutif.

Pada 1985, 50% warga Amerika Serikat telah menggunakan sistem 911.

Kanada juga memilih untuk menggunakan nomor yang sama untuk panggilan daruratnya, dan 98% dari AS dan Kanada sekarang dapat menghubungi layanan darurat dengan menghubungi 911. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: