Pakai Masker Membuat Napas Jadi Bau? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 5 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Ketika menggunakan masker setiap hari seperti saat ini, masalah bau mulut merupakan suatu hal yang kerap kita alami. Kondisi ini membuat kita ahirnya menyadari munculnya bau mulut akibat makanan yang baru kita konsumsi.

Hal ini kadang membuat kita jadi berpikir apakah sesungguhnya setiap hari bau mulut ini muncul namun kita tak menyadarinya. Hal ini kadang membuat kita menjadi minder atau cemas dengan kondisi kesehatan kita.

“Ketika masker menutupi hidung dan mulut, konsentrasi dari beragam bau napas meningkat hingga kita bisa menciumnya,” terang dr Edwin Chng, direktur medis dari Parkway Shenton, Singapura, dilansir dari Merdeka.com (03/09/2020).

“Tanpa masker, bahkan ketika seseorang mengalami bau mulut, kadang dia tidak menyadarinya,” sambungnya.

Munculnya Bau Mulut

Munculnya bau mulut ini dimulai dari keberadaan bakteri yang ada yang berada di mulut sepanjang waktu.

“Ketika kita bernapas, terutama dengan mulut kita, kelembapan dan udara yang diproduksi oleh bakteri terperangkap di kain masker. Ketika percikan ini mengering, mereka menyisakan bau pada kain masker,” terang dr Koh Chu Guan, dari National Dental Centre Singapore’s Department of Restorative Dentistry.

“Jenis kain mungkin tidak berpengaruh. Jika materialnya tipis dan berpori, mungkin lebih sedikit udara dan kelembapan yang terperangkap sehingga penggunanya mungkin tidak begitu menyadari halitosis,” sambungnya.

Selain itu, ketika menggunakan masker bisa jadi kamu bernapas menggunakan mulut. Hal ini selanjutnya menyebabkan terjadinya efek kering.

“Mulut yang lebih kering, terutama ketika kamu kurang minum air bisa menyebabkan bau napas,” terang dr Koh.

Beda Halitosis dan Bau Mulut Akibat Masker

Untuk membedakan antara halitisos dengan bau napas akibat masker, copot masker dan coba embuskan pada tangan melalui mulut. Bau ini tidak bakal muncul jika disebabkan oleh masker.

Bahkan jika kamu memiliki masalah halitosis, menggunakan masker tidak akan memperparah kondisinya. Masalah bau mulut ini bisa jadi lebih parah ketika kamu merokok atau mengonsumsi alkohol.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Akibat Masker

Untuk menjaga bau mulut tetap segar atau meminimalisasi baunya, sebaiknya konsultasi secara rutin dengan doter gigi. Masalah ini kadang muncul akibat kondisi gigi atau gusi yang tidak beres.

Selain menyikat, disarankan juga untuk melakukan flossing atau membersihkan lidah.

“Lidah merupakan salah satu sumber halitosis. Sebagian besar bakteri berada di lidah terutama di bagian belakangnya,” terang dr Chng.

Kamu juga perlu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Hindari makanan yang bisa menyebabkan munculnya bau mulut seperti makanan tinggi karbohidrat, makanan manis, serta makanan lain yang bisa memunculkan bau mulut.

Jika kamu harus banyak bicara, disarankan untuk banyak minum air. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi permen pelega tenggorokan atau berkumur menggunakan mouthwash. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: