Padamkan Kebakaran Hutan, Pramuka Dapat Jempol dari Rusia dan Jepang

Minggu, 25 Oktober 2015
Jakarta | Uploader Arif
loading...

JAKARTA – Sudah sekitar tiga bulan masyarakat Sumatera dan Kalimantan terus berperang melawan asap. Banyak pihak dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan. Bahkan anggota-anggota Pramuka juga diterjunkan untuk menjinakkan api.

Para pramuka itu diterjunkan di daerah Ogan Ilir Sumatera Selatan. Di sana, Abdimasgana Kwarnas yang dipimpin Eko melawan api yang terus menyulut bersama Pramuka Peduli Kwarcab Kota Palembang, Unsur Gabungan TNI, Polri, BPBD dan Tim dari Jepang.

Sangat luasnya medan kebakaran membuat pemadaman sedikit terhambat. Besarnya api yang membara disertai angin kencang menyulut kembali api yang sudah dipadamkan. “Allhamdullillah kami di sini akan terus bergerak , walaupun medan operasi pemadaman yang kadan- kadang sudah padam suka nyala lagi,” Ungkap Eko

Sumber air yang jaraknya jauh antara dengan daerah kebakaran membuat tim menggunakan cara sederhana untuk memacamkan api. Yakni dengan memukul-mukul api dengan ranting kayu hingga padam. Namun, aksi tersebut tidak seberapa dibanding besarnya lautan api.

Meski proses pemadaman berhadapan dengan banyak kendala, aksi tim Pramuka tersebut mendapat acungan jempol dari Jepang dan Rusia. Mereka kagum dengan para anggota pramuka yang gigih berjibaku memadamkan kebakaran hutan. (mas/jpnn)