Oppo Reno 4 Bisa Jadi Pilihan Menghasilkan Foto Bercerita

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Senin, 31 Agustus 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Fotografi bukan sesuatu yang ekslusif seperti dulu. Semua orang bisa jadi fotografer dengan kamera smartphone yang sedemikian canggih. Lalu mengapa nggak mulai bercerita lewat foto dengan mobile photografer? Berikut cara memaksimal kamera ponsel agar dapat bercerita lewat foto.

Lensa Ponsel

Dilansir dari Merdeka.com (30/08/2020), Banyak pengguna smartphone nggak sadar kalau lensa kamera di ponsel dalam keadaan berminyak atau kotor. Sentuhan jari menjadi pelaku utama. Sebelum memotret, pastikan lensa lensa kamera ponsel dalam keadaan yang bersih agar cahaya yang masuk nggak terbiaskan oleh lapisan minyak atau kotoran lainnya.

Gunakan saja kain katun yang biasanya menjadi bahan dasar kaos. Lap lensa kamera secara dengan perlahan, pastikan bahwa kaos dalam keadaan kering dan tidak bernoda.

Creative Thinking

Berpikir kreatif sejatinya bisa dilakukan dalam hal apapun. Apalagi di bidang seni fotografi. Bisa dibilang mobile photography bisa jadi sarana untuk mengasah kreativitas. Lihat sekeliling ketika hendak memotret. Cari benda apapun yang bisa meningkatkan level kualitas visual.

Apapun dan siapapun bisa jadi objek foto yang bercerita. Karena bercerita nggak selalu harus dengan kata-kata kan? Karena foto juga bisa berbicara.

Tentukan Angle

Ini poin plus mobile photography. Karena bentuk smartphone yang lebih ringkas daripada DSLR atau mirrorless, kamu bisa lebih leluasa menentukan angle. Cari angle yang biasanya nggak dipikirkan orang lain. Mungkin frog eye atau sudut pandang rendah? Sudut pandang rendah membuat distorsi dan perspektif foto menjadi lebih dramatis.

Cahaya

Lensa kamera smartphone itu seperti mata. Maka dari itu membutuhkan cahaya untuk dapat menangkap momen atau objek. Saat foto di malam hari atau minim cahaya, kamu bisa memanfaatkan fitur Night Flare Portrait, seperti yang ada di Oppo Reno 4.

Fitur ini akan menghasilkan efek neon nan artistik pada bagian latar belakang objek foto orang. Efek ini akan terlihat hasilnya, ketika pengambilan foto dilakukan di lokasi yang sarat dengan kelap-kelip lampu perkotaan, yang membuat objek foto tampil lebih cerah. Night Flare Portrait juga berguna meminimalisir noise agar foto terlihat artsy tapi nggak berlebihan.

Eksplor Komposisi Warna

Fotografer itu mirip-mirip pelukis. Kamu perlu mengetahui komposisi warna yang pas pada setiap jepretan. Komposisi warna dalam fotografi berbicara soal bagaimana perpaduan warna yang selain bercerita juga enak di lihat.

Kabar gembira, Oppo Reno 4 juga bisa diajak kreatif mainin warna dengan fitur AI Color Portrait Mode. Saat mengambil foto, latar belakang menjadi hitam dan putih sekaligus menjaga warna pada objek manusia. Jadi nggak usah aplikasi edit yang ribet kalo pengen artsy.

Fitur ini menampilkan warna yang sangat jelas dan kontras, sehingga membuat hasil foto yang sedang tren di kalangan anak muda. AI Color Portrait ini juga tersedia untuk perekaman video. Bisa, nih, bikin content yang tampilan warnanya beda.

Itu tadi tips gimana cara menghasilkan foto yang bercerita lewat mobile photography. Oppo Reno 4 bisa kamu beli di www.erapsace.com. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: