Olimpian Indonesia Kembali Gelar Kompetisi Internasional Oceanman di Bali

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 29 April 2022

Indolinear.com, Jakarta – Olimpian Indonesia, Albert C Sutanto dan Felix C Sutanto, akan kembali menggelar kompetisi renang perairan terbuka bertajuk Oceanman di Bali pada 1-2 Juli 2022.

Albert dan Felix mengatakan bahwa Oceanman bukanlah sekadar kompetisi renang.

Lebih dari itu, perhelatan Oceanman diyakini bisa menjadi salah satu media untuk membangkitkan roda perekonomian, terutama di bidang usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), setelah pandemi Covid-19.

Berdasarkan pernyataan Felix selaku Founder and Head of Coach Milleniumaquatic, Oceanman juga digelar untuk memperkenalkan sport tourism Indonesia ke kancah internasional.

“Oceanman tidak hanya kompetisi renang, karena wisatawan yang datang dapat merasakan beberapa acara hiburan lokal menarik yang tergabung dalam kategori race pack collection,” kata Felix dalam rilis dilansir dari Kompas.com (28/04/2022).

“Beberapa di antaranya tradisional dance performance, live music, produk bazar UMKM lokal, food and beverage, fun games, dan masih banyak hal seru lainnya,” ujar Felix.

Kompetisi internasional Oceanman kali pertama digelar di Indonesia pada 2021. Kala itu, kompetisi berlangsung di Sanur, Bali.

Pada tahun ini, Oceanman akan dihelat di Jimbaran, Bali, dengan tetap menjaga protokol kesehatan terkait Covid-19.

Nantinya, Oceanman bakal mempertandingkan empat kategori, yakni Oceankid dengan jarak 1 km, Sprint Oceanman 2 km, Half Oceanman 5 km, dan Oceanman dengan jarak 10 km.

Rute dalam ajang ini membentuk sebuah segitiga dengan jarak sisi terpendek 333,3 m, sisi menengah 666,6 m, dan sisi terluas untuk kategori Oceanman masing-masing berjarak 1,66 km.

“Kompetisi akan berlangsung selama dua hari. Jadi, nanti hari pertama diisi dengan kegiatan hiburan yaitu race pack collection, race expo opening, swim course open for training, welcome dinner, race briefing, dan entertainment,” ucap Felix.

Sementara itu, jadwal pada hari kedua memuat  acara inti kompetisi, yakni race area open/drop bag, flag off oceanman 10k, flag off half oceanman 5k, flag off oceanman 2k, flag off oceankid 1k, dan terakhir ditutup dengan upacara serta pembagian trofi.

Sejauh ini, hingga Senin (25/4/2022), jumlah peserta yang mendaftar sudah mencapai 181 atlet dari dalam negeri dan 30 atlet luar negeri, di antaranya Singapura, Thailand, Malaysia, Spanyol, Rusia, Ukraina dan Vietnam.

Pihak penyelenggara menyebut bahwa angka tersebut sudah melampaui jumlah peserta pada tahun lalu yang terdiri dari 167 atlet lokal dan asing.

Adapun Indonesia untuk tahun ini akan diwakili oleh perenang-perenang nasional seperti Siman Sudartawa dan Glenn Victor.

“Kami berharap kompetisi ini bisa memacu para atlet Indonesia untuk berprestasi dan bersaing di tingkat dunia,” kata Albert C Sutanto selaku founder Oceanman dan pelatih nasional renang. (Uli)