Obati Kerinduan Para Pelari, Pocari Sweat Menggelar Event Lari Virtual

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Selasa, 14 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Ajang lari Pocari Sweat Run akan mengobati rindu para pencinta lari di Indonesia. Pocari Sweat Run merupakan event lari tahunan yang sudah dimulai sejak 2014 di beberapa kota di Indonesia.

Pocari Sweat Run edisi 2019 bahkan berlangsung sangat sukses dengan 10.000 peserta yang ikut berpartisipasi. Sedianya, Pocari Sweat Run berencana untuk diadakan di dua kota besar di Indonesia tahun ini, yakni Bandung dan Solo.

Akan tetapi, pandemi virus corona membuat pihak Pocari Sweat terpaksa membatalkan event tersebut. Membayar kegagalan tersebut, Pocari Sweat kemudian berinovasi untuk tetap mengadakan event lari dengan konsep virtual run dengan tagline #SafeRunning.

Pocari Sweat Run Virtual 2020 dengan kategori 5k dan 10k ini akan diselenggarakan pada Minggu (16/8/2020) pukul 06.00-08.00 WIB secara serentak di seluruh Indonesia. Adapun event lari virtual ini bisa dilakukan di luar atau dalam ruangan. Aktivitas di dalam ruangan bisa menggunakan treadmill.

“Kami mendengar keluh kesah para pelari yang rindu ikut event lari lagi. Menjawab kerinduan itu, kami mencoba menghadirkan Pocari Sweat Run dengan tetap menjalani protokol kesehatan, yaitu dengan konsep virtual run,” kata Puspita Winawati, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka, dilansir dari Kompas.com (13/07/2020).

“Bagi sebagian orang mungkin konsep ini sudah tidak asing lagi. Akan tetapi, konsep yang kami bawa ini lebih ke arah one way interaction antara pelari dan gadget-nya,” ujarnya dalam acara virtual press launch Pocari Sweat Run Virtual 2020.

“Jadi silakan Anda lari dan kemudian submit hasil akhirnya. Jadi nanti kita akan lari serentak di seluruh Indonesia pada hari dan jam yang sama,” ucap Puspita menambahkan.

Puspita melanjutkan, Pocari Sweat Run Virtual 2020 akan menghadirkan event lari yang sama seperti biasanya meski dilakukan secara virtual. Akan ada stretching, real time flag ceremony, live streaming entertainment, hingga interaksi antara pembawa acara dan para pelari.

Pendaftaran Pocari Sweat Run Virtual 2020 akan dibukan pada Selasa (15/7/2020) mulai pukul 13.00 WIB di website resmi Pocari Sweat yakni pocarisweat.id.

Biaya pendaftaran senilai Rp 175.000 yang akan mendapatkan produk-produk dari sponsor, e-bib number, e-certificate, medali, serta desain masker eksklusif yang akan dikirimkan langsung ke masing-masing pelari.

Masker eksklusif itu merupakan bentuk kerja sama Pocari Sweat dengan Masker Satu Indonesia dengan setiap pelari yang menerima satu masker, berarti telah mendonasikan tiga masker bagi mereka yang membutuhkan pada masa pandemi ini.

Adapun para pelari harus memiliki aplikasi Strava (aplikasi yang akan mencatat dan merekam data-data saat berlari) yang nantinya akan diotorisasi saat pendaftaran.

Sementara itu, Puspita Winawati juga mengatakan tak ada pemenang dalam event lari ini. Hal itu disebabkan karena event ini bertujuan untuk membakar lagi semangat para pelari, bukan untuk kompetisi.

“Tidak ada pemenang tercepat. Pemenangnya mungkin bisa dari kategori lain seperti best costume atau kisah menarik soal virtual run. Karena balik lagi ke tujuan event ini agar kita sehat dan aktif lagi, bukan untuk kompetisi,” kata Puspita. (Uli)