Nyetir Memakai Kacamata Hitam, Pengendara Bisa Didenda Rp92 Juta

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Sabtu, 4 Juli 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Inggris – Kacamata hitam memang bisa melindungi pengendara mobil dari sinar mentari yang terik. Namun, siapa sangka kacamata bisa membuat pemakainya kena tilang polisi.

Dikutip dari Dream.co.id (02/07/2020), ada empat kategori kacamata hitam. Rata-rata yang dipakai adalah level 2. Kacamata ini akan mengurangi cahaya terang yang masuk ke mata 18-43 persen. Jenis kacamata ini direkomendasikan saat berkendara.

Sayangnya banyak pengendara yang tak tahu mengenai ketentuan batas level kegelapan kacamata yang diizinkan saat mengemudi. Para pengendara di Inggris banyak memakai kacamata hitam di atas level 2.

Di Inggris, penggunaan kacamata yang terlalu gelap dianggap melanggar lalu lintas, bahkan dalam kondisi benar-benar terik. Penggunaan kacamata hitam yang terlalu gelap dikhawatirkan akan membahayakan pengguna jalan lain atau pejalan kaki.

Dalam Highway Code, pengemudi yang memiliki visibilitas buruk atau berkendara saat malam hari tak boleh menggunakan kacamata berwarna. Termasuk juga kacamata yang hanya untuk bergaya, dianggap akan bisa menimbulkan masalah bagi pengemudi.

Kalau tetap nekat memakainya, dendanya bisa mencapai 100 poundsterling (Rp1,85 juta) dan mendapatkan 3 poin pinalti untuk penindakan di tempat.

Kalau dibawa sampai meja pengadilan, dendanya bisa 5 ribu poundsterling (Rp92,37 juta). Yang paling parah, kamu bisa dilarang berkendara. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: