Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Tubuh Untuk Meningkatkan Stamina Dan Energi

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 26 September 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Kurangnya energi atau rendahnya stamina bisa sangat mempengaruhi aktivitasmu sehari-hari. Stamina yang tepat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk bisa beraktivitas dengan nyaman dan bertenaga.

Rasa lelah, lesu, dan kurangnya energi yang kamu miliki bisa jadi tanda dari kurangnya nutrisi. Kurangnya vitamin B12 di dalam pola makan bisa menjadi penyebab kelelahan.

Hal ini terjadi karena vitamin B12 dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah dalam jumlah tepat. Kurangnya vitamin B12 berarti kurangnya sel darah merah dan hal ini bisa menjadi penyebab kurangnya energi.

Kurang nutrisi bisa muncul ketika kamu berhenti mengonsumsi sejumlah makanan tertentu. Konsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang rendah juga bisa timbulkan rasa kelelahan dan menurunnya stamina.

Kurangnya energi dan stamina pada kehidupan sehari-hari ini bisa membuatmu kurang produktif. Dilansir dari Merdeka.com (24/09/2020), berikut sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kekuatan dan stamina.

Karbohidrat

Karbohidrat kompleks berubah menjadi glukosa (gula darah) di dalam tubuh dan digunakan sebagai energi bagi otak dan otot. Kamu bisa memperoleh karbohidrat dari makanan seperti kacang polong, gandum, serta sayuran.

Ketika tubuh tidak memperoleh cukup karbohidrat, maka tubuh harus bekerja lebih keras dalam mengubah nutrisi lain menjadi karbohidrat sebagai energi. Kondisi ini bisa menyebabkan kelelahan terutama selama berolahraga.

Protein

Tubuh mencerna protein menjadi asam amino yang penting dalam memproduksi hormon, jaringan, sel darah merah, serta membangun dan memperbaiki otot. Beberapa sumber protein lain termasuk daging ayam tanpa lemak, ikan, telur, serta kacang-kacangan.

Lemak Sehat

Tubuh membutuhkan lemak sehat untuk dapat menyerap vitamin yang larut di lemak seperti vitamin D, E, K, dan A. Lemak ini bisa ditemui pada salmon, alpukat, zaitun, serta kenari. Selain itu, lemak sehat ini bisa diperoleh dari minyak sayur seperti minyak kedelai, jagung, kanola, serta zaitun.

Vitamin C

Kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk dibutuhkan pada banyak fungsi tubuh termasuk kekebalan tubuh, menyembuhkan luka, serta menjaga saluran darah, tulang, dan gigi tetap sehat. Kandungan ini juga bisa menyediakan energi yang baik bagi tubuh. Vitamin C bisa diperoleh dari sayur dan buah, terutama dari jeruk.

Zat Besi

Tanpa kandungan zat besi yang cukup, tubuh tidak bisa memproduksi cukup hemoglobin yang membayar oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini bisa membuatmu merasa lelah dan rendah energi. Kandungan zat besi yang tinggi ini bisa diperoleh dari daging, bayam, oats, serta kacang lentil.

Sejumlah nutrisi ini diperlukan oleh tubuh agar lebih bertenaga dan bersemangat. Konsumsi secara rutin juga bisa sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuhmu. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT:
loading...