Nissan Fairlady Z Segera Meluncur, Yuk Simak Bocorannya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 21 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – New York Auto Show 2021 dikabarkan bakal menjadi panggung peluncuran Nissan Fairlady Z. Artinya, dalam waktu dua bulan ke depan, sosok versi produksi sportscar legendaris milik Nissan ini akan menyapa para penggemarnya di dunia.

Sejak diumumkan akan diteruskan generasinya pada tahun lalu, sampai saat ini Fairlady sudah tampil dalam versi konsep yang bernama Z Proto.

Konsep Z Proto telah diperkenalkan sejak September 2020, bahkan diungkap spesifikasinya yang akan diadopsi ke versi produksi.

Sejak awal diumumkan, Z Proto disebut menggunakan mesin V6 twin-turbo, transmisi manual, serta proporsi desain mobil sport coupe klasik yang diklaim secantik generasi awal. Jika mengikuti timeline, maka mobil yang kuat diduga akan Bernama Nissan 400Z ini akan menjadi penerus dari 370Z.

“Para desainer kami telah melakukan studi dan membuat sketsa yang tak terhitung jumlahnya saat kami meneliti setiap generasi dan apa yang membuat mereka sukses. Pada akhirnya, kami memutuskan Z Proto harus melalui beberapa dekade, termasuk yang akan datang,” kata Alfonso Albaisa, head of design dari Nissan, dilansir dari Liputan6.com (19/06/2021).

Setahun terakhir, generasi Fairlady Z telah berkembang dari pengumuman akan dibangkitkan, ditunjukkan versi Z Proto, sampai tertangkap kamera prototipenya di dunia maya.

Dari beberapa foto spyshot dan bocoran yang beredar, wujud versi produksi Z Proto tampak sangat mirip dengan versi konsep.

Gaya desain utama Fairlady yang bergaya fastback coupe ditonjolkan, mirip dengan versi 240Z yang merupakan generasi pertama.

Rumor Terkait Nama

Ada dua versi rumor yang beredar terkait nama yang akan diadopsi oleh Nissan untuk Fairlady Z terbaru. Pertama adalah 400Z yang sejak awal diyakini karena menganut besaran output mesin yang akan mencapai 400 hp.

Lalu kedua hanya bernama Z untuk mayoritas negara yang memasarkan, kecuali Jepang yang isunya memilih nama Fairlady Z.

Seperti dikatakan di atas, Nissan akan memberikan spesifikasi mesin V6 twin-turbo untuk Fairlady Z terbaru, yang kabarnya diadopsi dari Infiniti Q60 dan Q50.

Mesin tersebut akan menghasilkan tenaga sampai 400 hp, yang digunakan menjadi nama 400Z. Selain itu, akan ada juga pilihan transmisi manual disediakan, untuk memanjakan para penggemar Fairlady klasik.

Dengan output performa tersebut, artinya Fairlady Z generasi terkini akan lebih ganas daripada Toyota GR Supra yang bermesin enam silinder 3.0 liter turbo.

Fairlady Z dan Supra kembali akan berhadapan sebagai rival kuat sebagai sesame sportscar lansiran Jepang.

Apalagi jika meningat bahwa Nissan GT-R sudah semakin jauh performanya dan Honda NSX memilih jalan menjadi sportscar hybrid pesaing supercar. (Uli)