New BMW X1 Resmi Meluncur, Seperti Apa Pembaruannya?

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 8 November 2019

Indolinear.com, Jakarta – The New BMX X1 resmi meluncur bersamaan dengan BMW Exhibition di Plaza Senayan pada 1 hingga 3 November 2019. Sports Activity Vehicle (SAV) kompak rakitan lokal tersebut tampil lebih sporty dan disemati teknologi terbaru.

“Sejak diluncurkan pada 2016, BMW X1 generasi kedua terbukti menjadi model terlaris dari rangkaian BMW X. Kendaraan ini sekarang lebih berani dan kokoh, dengan tampilan desain baru di bagian depan, belakang dan desain interior,” ucap Ramesh Divyanathan, Presiden Direktur BMW Group Indonesia di Jakarta, dilansir dari Liputan6.com (06/11/2019),

Ubahan paling signifikan terjadi pada wajah. X1 anyar menerapkan kidney grille lebih besar dan bagian tengah menyatu. Kisi-kisinya punya detail unik, sehingga bukaannya lebih lebar. Juga tersambung dengan penerangan utama yang sudah LED, seolah keduanya satu komponen. Pencahayaan turut kena ubah, motifnya hexagonal yang terpotong secara diagonal. Cerdas karena ditunjang fitur Adaptive yang mengizinkan cahaya mengikuti arah putaran kemudi. Rumah foglamp lebih modern dengan permainan garis yang memotong foglamp LED.

Sisi samping new BMW X1 didukung pelek baru 18 inci Y-spoke style 579 bicolour Orbit Grey terbaru, yang dipadukan ban run-flat berukuran 225/50. Spionnya dipasangi fitur baru, proyektor LED yang menampilkan gambar X1 di sisi pengemudi, saat kunci dibuka. Visual ini menambah kecanggihan dan memberikan kemudahan masuk-keluar.

Buritan

Area buritan punya wujud baru, mulai dari inlay pada apron belakang sewarna bodi. Lampu kombinasi L shape khas BMW yang melebar dan berpenampilan anyar. Muffler tampil lebih tegas, tepiannya ditebalkan dari diameter 75 mm menjadi 90 mm.

Interior juga ditransformasi. Joknya memakai pelapis baru. Bahan mewah Sensatec dengan interior trim finisher alumunium, elemen finely brushed dengan highlight trim finisher pearl chrome tersedia sebagai standar. Untuk kenyamanan penumpang melalui perangkat multimedia juga diperkuat. Layar lebih besar, 8,8 inci yang dapat dioperasikan melalui BMW iDrive Controller atau voice command. Bisa dikoneksikan dengan smartphone lebih praktis, berkat fitur Apple CarPlay berkemampuan wireless.

Jantung Mekanis

Jantung mekanisnya berkonfigurasi 3 silinder dengan kubikasi 1,5 liter, diperkuat BMW Twin Turbo. Tenaga puncak yang diproduksi mencapai 140 Tk yang keluar di putaran 4.400 rpm. Torsinya 220 Nm yang dihasilkan sejak 1.250 rpm. Daya dorong ini disalurkan ke roda depan melalui transmisi steptronic baru dual-clutch 7-speed. Urusan efisiensi, BMW mengklaim tiap 1 liter bensin yang dikonsumsi bisa melaju sejauh 15,9 km. Sementara emisi CO2 rata-ratanya 144 h/km (siklus WLTP).

Varian yang ditawarkan hanya satu, sDrive18i xLine. Dibanderol Rp 739 juta dengan status off the road. Konsumen sudah bisa membelinya di diler resmi BMW Indonesia mulai bulan ini. (Uli)

INDOLINEAR.TV