Netflix Menaikkan Harga Langganan Bulanan Di AS Dan Kanada

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 17 Januari 2022

Indolinear.com, Jakarta – Netflix Inc telah menaikkan harga berlangganan bulanannya sebesar 1 dolar menjadi 2 dolar Amerika per bulan di Amerika Serikat (AS), tergantung pada kebutuhannya, kata perusahaan itu pada Jumat (14/1/2022).

Melansir dari Tribunnews.com (16/01/2022), kebijakan ini untuk membantu membayar program baru bersaing dalam streaming pasar televisi.

Paket standar, yang memungkinkan untuk dua aliran simultan, sekarang berharga 15,49 dolar Amerika per bulan, naik dari 13,99 dolar Amerika, di Amerika Serikat.

Harga juga naik di Kanada, di mana paket standar naik menjadi 16,49 dolar Kanada dari 14,99 dolar Kanada.

Saham Netflix naik hampir 3 persen menjadi 533,84 dolar Amerika di Nasdaq setelah Reuters menyampaikan berita tentang kenaikan harga, mereka ditutup 1,3 persen lebih tinggi pada 525,69 dolar Amerika.

Kenaikan biaya langganan langsung berlaku untuk pelanggan baru.

Anggota yang ada akan melihat harga baru dalam beberapa minggu mendatang ketika mereka menerima tagihan bulanan mereka.

“Kami memahami bahwa orang-orang memiliki lebih banyak pilihan hiburan daripada sebelumnya dan kami berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi anggota kami,” kata juru bicara Netflix.

“Kami memperbarui harga sehingga kami dapat terus menawarkan berbagai pilihan hiburan berkualitas.”

Seperti biasa, kami menawarkan berbagai paket sehingga anggota dapat memilih harga yang sesuai dengan anggaran mereka,” tambah juru bicara tersebut.

Layanan streaming terbesar di dunia itu menghadapi persaingan terbesar dari perusahaan yang ingin menarik pemirsa ke hiburan online.

Walt Disney Co (DIS.N) , AT&T Inc (TN) WarnerMedia, Amazon.com Inc dan Apple Inc (AAPL.O) termasuk di antara para pesaing yang menggelontorkan miliaran dolar ke dalam program baru.

Pelanggan Netflix bertambah meskipun ada kenaikan harga sebelumnya, yang menunjukkan para anggotanya bersedia menerima biaya yang lebih tinggi, kata analis Evercore ISI, Mark Mahaney.

“Ini adalah bukti bahwa Netflix memiliki kekuatan harga,” kata Mahaney.

Netflix mengatakan akan menghabiskan $17 miliar untuk pemrograman pada tahun 2021.

Perusahaan belum mengungkapkan pengeluaran untuk tahun 2022.

Harga paket premium Netflix AS, yang memungkinkan empat streaming sekaligus dan streaming dalam ultra HD, dinaikkan 2 dolar Amerika menjadi 19.99 dolar Amerika per bulan.

Untuk paket dasar Netflix, dengan satu streaming, biayanya naik 1 dolar Amerika menjadi 9,99 dolar Amerika per bulan.

Di Kanada, paket premium naik 2 dolar Kanada menjadi 20,99 dolar Kanada, dan paket dasar tidak berubah pada 9,99 dolar Kanada.

Dengan 15,49 dolar Amerika per bulan, paket standar AS dari Netflix sekarang lebih mahal daripada pesaing, HBO Max, yang dimiliki oleh AT&T Inc (TN), saat ini menawarkan promosi 11,99 dolar Amerika per bulan selama 12 bulan.

Harga Walt Disney Co’s (DIS.N) Disney+ adalah 7,99 dolar Amerika per bulan atau 79,99 dolar Amerika per tahun.

Amerika Serikat dan Kanada adalah wilayah terbesar Netflix dengan 74 juta pelanggan streaming per September 2021.

Wilayah ini menyumbang hampir 44 persen dari pendapatan perusahaan pada kuartal ketiga 2021, atau sekitar 3,3 miliar dolar Amerika.

Sebagian besar peningkatan pelanggan baru-baru ini oleh perusahaan berasal dari luar negeri.

Pertumbuhan pelanggan Netflix melambat dari ledakan di awal pandemi Covid-19 tetapi pulih kembali dengan bantuan dari fenomena global “Squid Game”, sebuah film thriller dystopian dari Korea Selatan yang dirilis pada bulan September.

Total langganan global mencapai 213,6 juta.

Laporan pelanggan perusahaan berikutnya akan dirilis Kamis ketika Netflix memposting pendapatan kuartalan.

Analis memproyeksikan perusahaan akan melaporkan 8,5 juta pendaftaran baru dari Oktober hingga Desember, menurut data Thomson Reuters I/B/E/S, menjadikan basis pelanggan globalnya menjadi 222 juta. (Uli)