Naomi Osaka-Rafael Nadal Mundur, Gengsi Wimbledon 2021 Tidak Akan Luntur

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Sabtu, 26 Juni 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mantan petenis Daniela Hantuchova menilai bahwa absennya Naomi Osaka dan Rafael Nadal tak mengurangi nilai kompetisi Wimbledon 2021.

Wimbledon 2021 dipastikan minus beberapa bintang tenis setelah Naomi Osaka dan Rafael Nadal menyatakan mundur. Naomi Osaka memutuskan tidak ikut berpartisipasi dalam Grand Slam lapangan rumput Wimbledon karena membutuhkan waktu pribadi.

Osaka merasa harus meluangkan waktu demi kesehatan mentalnya setelah perselisihan yang terjadi di turnamen sebelumnya, French Open 2021. Meski memutuskan untuk tidak turun di Wimbledon, petenis berkebangsaan Jepang itu bakal mengikuti Olimpade Tokyo.

“Naomi tidak akan bermain di Wimbledon tahun ini. Dia mengambil waktu pribadi dengan teman dan keluarga,” ucap agen Naomi Osaka, Stuart Duguid, dilansir dari Kompas.com (25/06/2021).

Sebelum mundur dari Wimbledon, Osaka diketahui juga menarik diri dari turnamen Grand Slam tanah liat French Open 2021. Hal itu karena dia berselisih dengan pihak penyelenggara terkait keputusannya untuk tidak menghadri jumpa pers wajib selepas pertandingan.

Juara Australian Open 2021 itu mengungkapkan bahwa dia berjuang melawan depresi saat mengumumkan pengunduran dirinya dari Roland Garros (French Open).

Sementara itu, Rafael Nadal memutuskan tidak mengikuti Grand Slam Wimbledon 2021 demi kebaikan kariernya.

Selain Wimbledon tahun ini, petenis asal Spanyol juga menyatakan tidak akan berpartisipasi di Olimpade Tokyo yang akan mulai digelar pada 23 Juli 2021.

“Hai semua, saya telah memutuskan untuk tidak berpartisipasi di Kejuaraan tahun ini di Wimbledon dan Olimpiade di Tokyo,” kicau Nadal di akun Twitter pribadinya.

“Ini bukan keputusan yang mudah untuk diambil, tetapi setelah mengetahui kondisi tubuh saya dan mendiskusikannya dengan tim saya, saya mengerti bahwa itu adalah keputusan yang tepat,” imbuh peraih 20 gelar Grand Slam itu.

“Tujuannya adalah untuk memperpanjang karier saya dan terus melakukan apa yang membuat saya bahagia, yaitu bersaing di level tertinggi dan terus berjuang untuk tujuan profesional dan pribadi di level kompetisi maksimal.”

Absennya Osaka dan Nadal pasti akan memengaruhi peta persaingan di Wimbledon, tetapi tidak akan sampai mengurangi nilai kompetisi turnamen tenis tertua di dunia itu.

Mantan petenis asal Slovakia Daniela Hantuchova juga percaya bahwa gengsi Wimbledon 2021 tidak akan luntur hanya karena ketidakhadiran Osaka dan Nadal.

Sebab, menurut Hantuchova, masih banyak bintang tenis papan atas lainnya yang bakal membuat Wimbledon 2021 tetap “hidup”.

“Tentu absennya Osaka dan Nadal akan memengaruhi turnamen Wimbledon dan membuat fans merasa kecewa,” ucap Hantuchova.

“Namun, masih ada petenis lain seperti Novak (Djokovic) dan Roger (Federer). Kemudian, di sektor putri juga banyak petenis bagus. Jadi, Wimbledon akan tetap menarik,” ucap petenis yang gantung raket pada 2017 itu.

Hantuchova yang sekarang beralih profesi sebagai komentator itu juga menyelipkan sedikit prediksinya untuk Wimbledon tahun ini.

Di sektor putra, tunggal putri nomor lima dunia itu menjagokan Novak Djokovic, tetapi dia juga tak mengesampingkan Stefanos Tsitsipas.

“Sektor putra saya pikir Novak. Mental dan fisik dia berada di level tertinggi. Sangat masuk akal kalau dia juara turnamen Grand Slam ini,” tutur Hantuchova.

“Roger Federer menatik untuk ditunggu setelah comeback dari cedera. Selain itu, masih ada (Stefanos) Tsitsipas,” ucap wanita 38 tahun itu menambahkan.

Djokovic sebelumnya menjuarai French Open 2021 pekan lalu. Dia mengalahkan Tsitsipas di final dengan skor 6-7 (6-8), 2-6, 6-3, 6-2, 6-4.

Dengan podium pertama di French Open, Djokovic kini sudah mengoleksi 19 gelar Grand Slam. Petenis Serbia itu hanya tertinggal satu gelar dari Federer dan Nadal yang sama-sama telah mengoleksi 20 titel Grand Slam.

Sementara itu, untuk sektor putri, Hantuchova mengedepankan petenis asal Yunani Maria Sakkari. Dia juga menyebut Simona Halep dan petenis senior Serena Williams.

“Maria sakkari, karena dia sudah bekerja sangat keras dan sudah banyak pengalaman, sudah sering mendekati kemenangan,” ucap Hantuchova.

“Serena juga masih ada, Simona juga menarik dilihat kemampuannya setelah pulih dari cedera,” kata Hantuchova mengakhiri. Turnamen Wimbledon 2021 akan digelar pada 28 Juni hingga 11 Juli 2021. (Uli)