Muslim Inggris Buka Puasa Bersama via Zoom Dan Facebook

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Senin, 27 April 2020
loading...

Indolinear.com, Inggris – Ramadan kali ini berbeda dari sebelumnya karena pandemi corona atau covid-19 masih belum bisa ditangani.

Oleh karena itu, muslim di Inggris mengadakan buka puasa bersama secara virtual agar tetap bisa melakukan physical distancing.

Muslim di Inggris dengan menggunakan aplikasi media sosial Facebook dan Zoom untuk berbuka bersama di tengah pandemi corona.

Acara buka puasa ini digelar oleh the Ramadan Tent Project (RTP) yang sebelumnya berencana mengadakan buka bersama lintas keyakinan dan mengundang tokoh-tokoh politik serta agama di Inggris.

Dilansir dari Tribunnews.com (26/04/2020) RTP sebelumnya pernah menggelar buka puasa terbuka yang bertempat di Westminster Abbey, Wembley Stadium dan Trafalgar Square.

Pendiri sekaligus CEO dari RTP, Omar Salha, mengatakan bahwa sangat penting bagi orang-orang untuk merasa saling memiliki kala pandemi seperti ini.

“Bulan suci Ramadan adalah pintu gerbang bagi semua untuk berhenti sejenak, merenung dan terhubungkembali dengan rasa kemanusiaan kolektif kita. Covid-19 mungkin berdampak pada semua acara Buka Puasa Terbuka kami yang harus dibatalkan, tetapi Ramadan tidak dibatalkan, dan kami bangga menjadi organisasi yang dinamis dan inovatif,” kata Omar.

Acara buka puasa virtual ini akan diadakan setiap hari selama Ramadan dan tidak dipungut biaya.

Setiap orang yang telah mendaftar akan menerima paket yang berisi perlengkapan untuk menyiapkan buka puasa di rumah.

Paket tersebut berisi buku resep oleh Asma Khan, pemilik restoran Darjeeling Express, lembar informasi Ramadan dan Islam, sampel makanan, dekorasi, dan buku panduan tentang virus corona.

Acara ini juga akan menyiarkan panggilan azan, menyelenggarakan serangkaian talkshow, dan membuka kesempatan bagi peserta berbagi pengalaman berbuka puasa satu sama lain.

Diperkirakan, acara ini akan menjadi acara buka puasa virtual terbesar yang pernah diadakan.

RTP didirikan tahun 2013 dan sejak saat itu telah menggelar buka bersama yang dihadiri lebih dari 100.000 orang yang berasal dari berbagai latar belakang. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: