Musim Hujan, Pengendara Motor Perlu Menyiapkan Jas Hujan Seperti Ini

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Kamis, 4 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Hujan sudah mulai sering mengguyur sejumlah daerah di Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini. Dengan kondisi seperti ini, pengendara motor wajib lebih waspada dan menyiapkan perlengkapan berkendara tambahan seperti jas hujan.

Seperti diketahui, penggunaan jas hujan untuk meminimalisir masuknya air yang mengenai bagian tubuh dan pakaian ketika berkendara dalam kondisi hujan.

Jas hujan yang beredar di pasaran terdiri dari beberapa jenis yang pastinya memiliki banyak kelebihan dan kekurangan.

Dikutip dari Liputan6.com (02/11/2021), untuk pemilihan jas hujan disarankan memilih jas hujan yang tepat mulai dari jenis hingga warnanya sendiri. Hal ini untuk kenyamanan dan keamanan pengendara maupun pengguna sepeda motor lainnya.

Disebutkan, jas hujan yang baik dan aman digunakan adalah jas hujan yang setelan yang merupakan setelan atas berupa jaket dan setelah bawah berupa celana.

Jas hujan seperti ini memudahkan pengendara motor untuk bergerak dan menutup seluruh bagian tubuh kita dengan pas serta tidak mengganggu pengendara lain atau orang yang dibonceng.

Hindari Jas Hujan Ponco

Penggunaan jas hujan jenis ponco tidak disarankan. Jas hujan jenis ini memiliki kelebihan yakni ukurannya yang sangat besar dan bisa melindungi tubuh pengendara.

Namun jas hujan jenis ponco berisiko tersangkut pada roda kendaraan pengguna atau bahkan bisa tersangkut dengan kendaraan lain sehingga bisa menyebabkan kecelakaan.

Selain itu, jas hujan tipe ponco akan menghalangi pandangan dari pengendara lain apabila tertiup angin dan akan menyebabkan kecelakaan juga.

Disarankan pula memilih jas hujan dengan warna cerah dan mencolok. Hal ini agar memudahkan pengendara lain dalam melihat keberadaan kita.

Karena ketika turun hujan, tingkat pengelihatan pengendara akan berkurang dikarenakan terhalangi oleh air hujan. (Uli)