MPL Indonesia Memunculkan Nama Tanah Air Di Peta eSports Internasional

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Kamis, 29 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Mobile Legends Professional League (MPL) Indonesia Season 6 baru saja selesai diselenggarakan.

Meskipun digelar di tengah pandemi dan bersifat online, hal tersebut tak membuat MPL Indonesia sepi penonton. Sejumlah prestasi baru telah lahir pada season terakhir turnamen level tertinggi Mobile Legends ini.

MPL Indonesia pun untuk kesekian kalinya berhasil membawa nama Tanah Air muncul di peta eSports internasional.

Pertama, MPL Indonesia berhasil memecahkan rekor baru pada babak grand final yang mempertemukan dua tim terkuat di Indonesia, RRQ Hoshi dan Alter Ego.

Lewat pertandingan tersebut, user yang menonton secara bersamaan (peak concurrent user/pcu) mencapai angka fantastis yakni 2.849.970. Angka ini memecahkan rekor pertandingan grand final season 5 yang mencapai 1.163.007 penonton.

Data tersebut membuktikan bahwa perkembangan viewership MPL Indonesia tumbuh hingga 145 persen. Kenaikan viewership sudah tampak pada pekan terakhir regular season saat laga RRQ Hoshi vs Evos Legends digelar.

Saat itu, pcu yang didapat MPL mencapai 1.743.629. Total ada lima pertandingan yang berhasil menembus satu juta pcu pada MPL Indonesia Season 6.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya MPL Indonesia Season 6,” ujar Komisaris MPL Indonesia, Lucas Mao, dilansir dari Kompas.com (28/10/2020).

“Saat ini, kami sedang berusaha keras membawa nama Indonesia melambung di industri eSports secara global. MPL Indonesia kini bersaing dengan turnamen eSports berskala global dan diakui dunia.”

Pada September lalu, MPL Indonesia juga menjadi turnamen eSports terpopuler di dunia, mengalahkan turnamen-turnamen esports bergengsi lainnya.

Saat itu, pertandingan Royal Derby antara RRQ Hoshi dan Onic Esports berhasil meraih 1.092.949 pcu.

Selain rekor jumlah penonton, grand final MPL Indonesia Season 6 juga menjadi trending topic di Twitter.

Hanya dalam hitungan jam, tagar #FinalMPL dan #VivaRRQ di-mention ribuan kali dan menjadi nomor satu di Twitter.

MPL Indonesia adalah liga eSports yang kini telah menjadi wadah bagi para generasi muda yang ingin menjadi pemain profesional

Mimpi para pemain bisa terwujud karena semua bisa menjadi pro player.

Inilah pencapaian lainnya dari MPL Indonesia yang telah berhasil menelurkan talenta-talenta muda yang dapat mengukir sejarah baru di dunia eSports.

Di RRQ Hoshi contohnya. Ada pemain bernama Albert yang baru berusia 16 tahun dan berstatus rookie di MPL, tetapi berhasil menjadi MVP dan meraih uang tunai puluhan juta rupiah.

Albert ditemukan dari pencarian bakat RRQ dan terbukti sebagai satu dari jutaan pemain yang ternyata memiliki bakat luar biasa. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: