Motor Sport Berusia 5 Tahun, Ini Komponen Yang Harus Diganti

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Rabu, 1 Januari 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Memiliki masa pakai, pemilik kendaraan roda dua harus mengetahui komponen apa saja yang harus diganti apabila motor sudah memasuki usia 5 tahun.

Hal ini perlu dilakukan agar performa kendaraan tetap terjaga. Meski dari sisi penjualan tak sebesar skuter matik, motor sport masih memiliki banyak penggemar setia hingga saat ini.

Karena itu, Suzuki Indonesia memberikan beberapa tips terkait pergantian komponen motor sport saat memasuki usia lima tahun, dilansir dari Liputan6.com (30/12/2019).

Untuk motor jenis ini, komponen-komponen di area mesin, seperti piston kit, valve kit, rantai mesin, crankshaft dan bearing big end, silpada mesin, o-ring pada penutup oli serta gasket perlu mengalami pergantian.

Selain itu, pemilik kendaraan juga perlu melakukan pengecekan pada bagian suspensi, khususnya bagian sil. Berbahan karet, sil biasanya sudah getas ketika mencapai usia lima tahun. Terlebih, sil sokbreker depan yang terus bekerja saat motor melaju.

Pergantian Sebaiknya di Dealer Resmi

Khusus motor sport, kampas kopling manual, rantai roda beserta gir depan dan belakang juga perlu diganti.

Pergantian suku cadang dihimbau dilakukan di dealer resmi agar mendapat jaminan keaslian komponen. Tak hanya itu, proses penggantiannya pun dilakukan oleh mekanik yang telah dilatih. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: