MotoGP Mandalika, Pebalap Terkena Kewajiban Untuk Vaksinasi Komplet Covid-19

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Jumat, 31 Desember 2021

Indolinear.com, Jakarta – Indonesia akan menjadi tuan rumah adu balap motor internasional, MotoGP pada 2022.

Sirkuit Mandalika akan menjadi tuan rumah hajatan ini.

MotoGP dalam pelaksanaannya nanti akan digelar dalam suasana pencegahan pandemi Covid-19 melalui protokol-protokol kesehatan ketat.

Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika ITDC Jelang MotoGP 2022, ITDC Perbaiki Saluran Drainase Sirkuit Mandalika

“Iya, di MotoGP akan ada protokol kesehatan Covid-19,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Usman Kansong, dilansir dari Kompas.com (30/12/2021).

Usman Kansong bersama Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi menjadi pembicara pada diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 mengenai penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN), Rabu (29/12/2021) di Tangerang Selatan, Provinsi Banten.

Menjawab pertanyaan Kompas.com dalam kesempatan itu, Usman menyebut beberapa hasil rapat antara Menkominfo Johnny G Plate bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika Hadi Tjahjanto di Gedung Kemenkominfo Jakarta, Senin (27/12/2021).

Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.Kompas.com/Alsadad Rudi Pemandangan jalannya balapan World Superbike (WSBK) dari tribune utama Sirkuit Mandalika, Lombok.

Menurut penjelasan Usman, jumlah penonton langsung MotoGP Mandalika hanya 50.000 orang.

Jumlah ini adalah separuh dari kapasitas penuh sirkuit Mandalika.

Selanjutnya, penyelenggara akan menyiapkan layar-layar lebar di seputaran sirkuit untuk menampung penonton di kawasan sirkuit itu.

“Jumlahnya lebih banyak agar tidak terjadi kerumunan orang,” tutur Usman.

Pemasangan layar-layar lebar untuk menonton balapan, lanjut Usman, memang berawal dari perhelatan balap motor Seri WSBK di Sirkuit Mandalika pada 19-21 November 2021 silam.

“Penontonnya banyak sekali. Sehingga, penyelenggara belajar dari WSBK untuk menyiapkan layar-layar lebar itu,” tutur Usman Kansong.

Kementerian Kominfo, lanjut Usman, juga berpartisipasi membangun infrastruktur komunikasi di Sirkuit Mandalika dan kawasan sekitarnya.

“Ekosistem komunikasi juga menjadi bagian tugas dari Kominfo,” kata Usman Kansong.

Vaksinasi

Sementara itu, Usman menambahkan bahwa pada MotoGP nanti, ada juga kebijakan mengenai vaksinasi Covid-19.

“Penyelenggara memberi izin hanya kepada penonton yang sudah mendapat sedikitnya satu kali vaksinasi. Baik bila penonton sudah mendapatkan vaksinasi lengkap,” ucap Usman Kansong.

“Vaksinasi ini akan menjadi syarat di MotoGP,” kata Usman Kansong menambahkan.

Berkenaan dengan pebalap, Usman mengatakan bahwa para pebalap akan terkena kewajiban sudah mendapatkan vaksinasi.

“Kalau bisa vaksinasi pebalap sudah komplet,” kata Usman Kansong memberikan penegasan.

Di samping itu, para pebalap juga menjalankan kewajiban tes PCR selama pelaksanaan MotoGP. Sirkuit Mandalika akan menjadi seri kedua musim MotoGP 2022.

Sirkuit yang berada di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) ini akan menjadi tuan rumah MotoGP pada Minggu (20/3/2022). Sementara, masa ekshibisi akan mendahului agenda resmi MotoGP di Mandalika. Masa ekshibisi berlangsung pada 11-13 Februari 2022.

Seri pertama MotoGP 2022 berlangsung di Sirkuit Losail Qatar pada Minggu (6/3/2022). Sesudah Mandalika, Sirkuit Termas de Rio Handa di Argentina menjadi tuan rumah seri ketiga MotoGP 2022.

Pada bagian selanjutnya dari diskusi tersebut, Sonny Harry B Harmadi mengatakan bahwa pemerintah terus melanjutkan kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air menngalir, dan menjaga jarak) kepada warga masyarakat dengan berbagai cara dan media.

Penyampaian kampanye secara berulang, kata Sonny, terbukti ampuh untuk mengubah perilaku masyarakat mencegah penularan corona. Kampanye ini juga yang nantinya akan terlaksana pada MotoGP Mandalika.

“Kampanye ini akan terus berlangsung pada 2022,” pungkas Sonny Harry B Harmadi. (Uli)