Mobil Generasi Terbaru Kia Sportage Mulai Menampakan Diri

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Selasa, 6 Oktober 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Belum lama terlihat SUV Kia berbalut kain hitam melintas di jalanan Korea Selatan. Diduga kuat unit merupakan Sportage generasi anyar yang tengah diuji coba.

Dilansir dari Liputan6.com (04/10/2020), mobil baru Kia itu merupakan Sportage dan bakal menyandang kode NQ5. Sebelumnya, KCB juga melaporkan Sportage masuk dalam lini produk anyar manufaktur yang direncanakan meluncur tahun ini.

Sejumlah di antaranya sudah dilepas ke pasar, termasuk Bongo 3 EV, Sorento dan Sorento HEV dan Sedona atau Carnival. Namun tidak dengan Sportage. Belakangan beredar rumor penundaan debut lantaran ada perubahan desain.

Prototipe uji yang dipercaya sebagai Sportage, meski masih tertutup kamuflase, bisa dilirik beberapa detailnya. Secara keseluruhan bahasa desain tidak mirip dengan model-model SUV Kia yang sudah ada.

Sepertinya bahasa desain anyar melekat pada Sportage generasi terbaru ini. Paling kentara dari sektor lampu. Lagi masih tertutup kain, tapi bisa sedikit diterka bentuknya.

Bukan hal aneh. Itu juga yang terjadi pada Tucson. Membawa desain segar yang masih mirip dengan versi konsep Vision T.

Menilik timeline, prototipe all-new Hyundai Tucson tertangkap kamera pertama kali pada Juli 2019 dan resmi mendebut pada Agustus 2020. Sementara Sportage generasi kelima ekspektasinya muncul April tahun depan.

Perkiraan tersedia model dengan perbedaan jarak sumbu roda. Prototipe yang diuji termasuk long wheelbase (LWB) yang bakal beredar di pasar tertentu. Sedang dapur pacu belum ada informasi jelas.

Perkiraan Mesin

Mengacu Tucson, Sportage mungkin menawarkan mesin bensin 1,6 liter turbo, naturally aspirated 2,0 liter dan 2,5 liter. Opsi mesin peminum solar pun tersedia.

Termasuk pilihan transmisi otomatis 6-speed, 8-speed, kopling ganda 7-speed, penggerak roda depan dan penggerak empat roda AWD.

Kia Sportage diklaim sebagai model paling laris dari manufaktur dalam penjualan global. Sementara untuk generasi keempat sendiri masih dipasarkan sampai sekarang. Yang terbaru, Sportage diberi penyegaran dengan edisi Gravity.

Ya, seperti saudara SUV Seltos dan Mohave, Sportage Gravity Edition hadir dengan trim yang lebih segar. Bukan facelift, apalagi model baru. Hanya sedikit sentuhan biar tidak membosankan.

Bagian wajah terlihat ubahan pada grille. Dilabur warna hitam glossy, senada dengan area bumper dan molding di sekeliling tubuh. Lencana dan pelek 19 inci tak luput dari kelir hitam. Begitu juga dengan atap.

Sayangnya, kabin tak ikut disegarkan. Masih seperti varian standar. Padahal Seltos dan Mohave versi Gravity ada peningkatan sedikit pada trim interior.

Kia Sportage di Indonesia

Sportage generasi keempat sebetulnya sempat dipasarkan di Indonesia. Setidaknya unit masih bisa dilihat di showroom sampai 2018.

Namun, sejak gonjang-ganjing bisnis, sampai dipegang oleh APM baru Kreta Indo Artha tahun lalu, Sportage raib dalam daftar jualan.

Menyisakan Picanto, Rio, Grand Sedona dan Big-Up K2700 (LCV pikap) pada akhir 2019. Baru pada awal 2020 lahir Kia Seltos mengisi lini SUV di Indonesia.

Sportage generasi keempat meluncur di pameran GIIAS 2016. Sambutannya memang kurang begitu baik. Meski hal sama berlaku juga untuk model lain Kia kala itu.

Nampaknya, APM anyar menilai Seltos lebih menarik untuk pasar SUV Indonesia, ketimbang melanjutkan penjualan Sportage. Namun siapa bisa menebak, generasi terbaru nanti mungkin saja mengaspal kembali di jalanan Indonesia.

Terlepas dari itu, Kreta Indo Artha punya rencana lain untuk SUV Kia di Indonesia. Kia Sonet sempat terlihat sedang uji jalan dan yang terbaru sudah masuk daftar uji tipe kendaraan di Samsat DKI Jakarta. Kita nantikan saja kelahiran Kia Sonet yang kabarnya dikirim langsung dari India. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: