Mitos Salah Tentang Orang Introvert, Salah Satunya Diam Bukan Berarti Malu

FOTO: pikiran-rakyat.com/indolinear.com
Kamis, 26 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Beberapa mitos tentang orang introvert sering diklaim begitu saja oleh orang lain, padahal mitos tersebut tidak terbukti kebenarannya.

Hanya karena introvert lebih suka menyendiri, fokus pada pikiran dan ide-ide sendiri daripada eksternal, banyak orang menganggapnya sebgai orang aneh.

Orang introvert sering melaporkan bahwa orang lain tidak memahami mereka. Orang lain memandangnya sebelah mata.

Berikut 5 mitos yang salah tentang orang intovert yang banyak dipercayai orang lain, seperti dilansir dari Pikiran-rakyat.com (25/05/2022).

  1. Diam bukan berarti malu

Kebanyakan orang lain salah menafsirkan bahwa hanya karena seseorang pendiam, artinya orang tersebut juga pemalu.

Padahal introvert, rasa malu, dan kecemasan sosial jauh berbeda. Introvert yang pendiam bukan berarti bahwa dia pemalu.

Orang introvert belum tentu takut berbicara dengan orang lain, meskipun beberapa dari mereka memang mengalami rasa malu atau kecemasan sosial.

Introvert cenderung lebih pendiam karena mereka suka mengenal seseorang lebih banyak sebelum mereka benar terlibat dalam banyak percakapan.

Introvert selalu berpikir sebelum berbicara. Karena itu, mereka biasanya tidak menikmati obrolan ringan atau banyak obrolan.

  1. Mereka bersenang-senang

Berpesta bukanlah gaya hidup introvert. Mungkin mereka diam di pertemuan sosial yang ramai, tapi tidak berarti mereka tidak bersenang-senang.

Ketika di dalam ruangan, mereka sudah puas hanya dengan duduk dan mengamati, menikmati semua pemandangan, suara, dan percakapan yang menarik.

Mereka adalah seseorang yang ingin tahu dan ingin belajar lebih banyak tentang dunia dan dari orang-orang di sekitar mereka.

Sementara ekstrovert mungkin akan mengajukan pertanyaan dan memulai percakapan, introvert lebih suka mendengarkan dan merenung.

  1. Introvert tidak aneh

Banyak dijumpai bahwa introvert secara tidak adil dikategorikan sebagai orang aneh.

Padahal mereka lebih mengikuti minat dibandingkan memperhatikan sesuatu yang populer.

  1. Mereka tidak ingin sendirian sepanjang waktu

Tidak dapat dipungkiri bahwa introvert mungkin perlu memiliki waktu sendirian setiap hari untuk mendapatkan kembali energi mereka.

Tetapi, itu tidak berarti bahwa mereka ingin sendirian terus-menerus. Mereka juga senang menghabiskan waktu mereka dengan orang yang mereka kenal baik.

  1. Mereka tidak marah atau depresi

Ketika para introvert mulai kewalahan karena terlalu banyak bersosialisasi, mereka sering membutuhkan se Sayangnya, orang terkadang salah mengartikan keinginan menyendiri ini sebagai emosi negatif, seperti marah, depresi, cemberut, atau cemas.

Keinginan ini bisa membingungkan bagi ekstrovert yang mungkin tidak mengerti mengapa seseorang membutuhkan kesendirian.

Introvert mungkin akan terkejut mengetahui bahwa orang lain menganggap kebutuhan untuk menyendiri sebagai hal yang kasar atau meremehkan.dikit waktu tenang dan menyendiri untuk mengisi ulang energi mereka. (Uli)

loading...