Mitos Kupu-Kupu Masuk Rumah, Dipercaya Datangkan Tamu Hingga Kabar Buruk

FOTO: okezone.com/indolinear.com
Minggu, 22 Mei 2022

Indolinear.com, Jakarta – Masyarakat Indonesia lekat dengan berbagai mitos dan kepercayaan yang terkait dengan alam sekitar, salah satunya kupu-kupu. Anda mungkin pernah mendengar bahwa keberadaan kupu-kupu di dalam rumah menandakan akan datangnya tamu.

Bagi sebagian orang, tamu yang dimaksud bisa manusia, dan bisa jadi makhluk halus seperti arwah orang yang sudah tiada. Di sisi lain, ada juga yang menganggap bahwa kedatangan kupu-kupu membawa nasib baik.

Namun ternyata, mitos mengenai datangnya kupu-kupu ini tak selamanya baik. Bagi beberapa orang, baik atau tidaknya kabar yang didatangkan oleh kupu-kupu bergantung kepada warna sayap hewan itu. Sayap berwarna terang dipercaya membawa kebaikan, dan sayap berwarna gelap dipercaya sebaliknya.

Dalam serial dokumenter Vision+ dan Cretivox yang berjudul Katanya, salah satu narasumber bernama Rafif Taulani menceritakan lebih lanjut mengenai mitos tersebut.

“Keluarga saya percaya bahwa kupu-kupu itu cuma medium, misalnya ada orang yang kita kenal yang sudah nggak ada, mereka itu medium aja untuk nandain bahwa mereka lagi ngerasa gimana sekarang,” ujarnya, dilansir dari Okezone.com (21/05/2022).

Ia lalu menambahkan bahwa kupu-kupu berwarna terang menandakan orang itu telah bahagia dan ingin berpamitan dengan tenang, sementara kupu-kupu berwarna gelap menandakan adanya urusan yang masih harus ia selesaikan kepada sang penghuni rumah.

Lebih lanjut, Anda bisa menyimak penjelasan dan diskusi mengenai mitos kupu-kupu di Indonesia dari sudut pandang kebudayaan dan filsafat. Semua itu bisa disaksikan di Vision+ originals Katanya episode 3.

Selain mitos kupu-kupu, Anda juga akan menemukan pembahasan mengenai berbagai mitos dan stigma yang ada di Indonesia seperti rumah tusuk sate, tarot, dan masih banyak lagi.

Untuk menyaksikannya, Anda bisa mengunduh aplikasi Vision+ di Google Play Store atau App Store di sini atau kunjungi www.visionplus.id. Jangan lupa berlangganan Vision+ Premium agar bisa menyaksikan seluruh episodenya. (Uli)