Mitos Gunung Semeru, Dari Paku Bumi Sampai Dewi Penunggu

FOTO: pikiran-rakyat.com/indolinear.com
Selasa, 7 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Gunung Semeru yang berada di antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Sabtu, 4 Desember 2021, meletus.

Gunung tertinggi di Pulau Jawa ini memang memiliki banyak sekali mitos. Mitos-mitos ini dipercayai oleh penduduk sekitar Semeru sampai para pendaki yang pernah menginjakkan kaki di gunung berketinggian 3.676 mdpl ini.

Gunung Semeru juga mempunyai ranu atau danau yang berada di sekitar Gunung Semeru. Mulai dari Ranu Pane, Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo yang mempunyai mitos sampai kisah mistis lainnya.

Berikut ini ada 5 mitos yang paling terkenal dari Gunung Semeru yang dilansir dari Pikiran-rakyat.com (06/12/2021).

  1. Paku Pulau Jawa

Mitos ini sudah menjadi cerita dari abad ke 15, dimana ada sebuah legenda dari kitab kuno yang menyebutkan kalau Pulau Jawa dulunya mengambang di lautan dan terombang-ambing.

Melihat hal tersebut, akhirnya para Dewa memutuskan untuk menancapkan Pulau Jawa dengan paku Gunung Semeru. Dalam kitab tersebut, Gunung Semeru konon dibawah dari India oleh Dewa Wisnu dan Dewa Brahma.

  1. Kuncen Gunung Semeru Mbah Dipo

Mbah Dipo merupakan kuncen atau juru kunci dari Gunung Semeru. Mbah Dipo sudah meninggal di tahun 2005 lalu, tapi kisah Mbah Dipo masih dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Menurut penduduk yang tinggal di area Semeru, Mbah Dipo memiliki keahlian untuk bisa menangkap pesan dari para makhluk yang tidak kasat mata.

Ada sebuah mitos yang menyebut kalau Gunung Semeru meletus, maka disarankan untuk pergi ke arah sungai, tapi jangan pergi ke arah Gunung Sawur.

  1. Misteri Kawasan Kelik

Bagi yang pernah mendaki Gunung Semeru, pasti tau tentang misteri di Kawasan Kelik. Kawasan ini merupakan lokasi yang terdapat banyak sekali nisan untuk orang-orang yang meninggal ketika mendaki Gunung Semeru.

Salah satunya milik aktivis Soe Hok Gie, konon ketika para pendaki melewati kawasan kelik, para pendaki ada yang mengalami kesurupan roh manusia dan roh binatang.

  1. Tanjakan Cinta

Mitos paling populer di Gunung Semeru yakni adanya Tanjakan Cinta. Konon tanjakan yang tak terlalu curam ini memiliki mitos yang dikaitkan dengan kisah percintaan.

Mitos ini bercerita, kalau pendaki yang melewati tanjakan cinta tanpa istirahat dan tidak menoleh ke belakang, maka kisah percintaan pendaki tersebut akan dikabulkan.

Tapi, kalau pendaki menoleh ke belakang dan beristirahat maka percintaannya justru akan sulit.

  1. Dewi Penunggu Ranu Kumbolo (Uli)