Mitos Gryla Penyihir Kanibal Pemangsa Anak Nakal Di Islandia

FOTO: viva.co.id/indolinear.com
Minggu, 10 Juli 2022

Indolinear.com, Jakarta – Gryla adalah penyihir wanita yang dikenal jahat dan kerap memangsa anak-anak berperilaku buruk (nakal) untuk dimasukan kedalam karung dan memasaknya di dalam kuali. Cerita ini cukup terkenal dikalangan anak-anak Islandia sejak dahulu.

Dikabarkan Guide to Iceland, Gryla memiliki pasangan laki-laki bernama Leppaluoi, keduanya adalah kanibal yang gemar memangsa anak-anak nakal di Islandia, tetapi mereka juga tidak keberatan memakan orang dewasa.

Alasan Gryla dan Leppaluoi memangsa anak-anak nakal dan memasukkannya ke dalam kuali sebab ketika dewasa anak-anak nakal itu dianggap dapat membahayakan mereka berdua. Sebuah puisi lama tentang Gryla menggambarkan sosok penyihir wanita itu memiliki lima belas ekor dan pada setiap ekornya memiliki seratus balon dan setiap balon berisi dua puluh anak.

Deskripsi lain mengatakan, Gryla memiliki 300 kepala dan 3 mata di setiap kepalanya, dia dan suaminya Leppaluoi sering menculik anak-anak dan memasukannya kedalam karung besar untuk dibawa pulang. Ada lagi, pendapat lain mengatakan Gryla memiliki kuku yang buruk di setiap jari, mata dan belakang kepalanya, selain itu ia juga memiliki tanduk seperti kambing jantan, telinga menjuntai dan gigi hitam seperti arang.

Jadi pendapat mana yang akan kamu percayai? Setidaknya pilih satu, dilansir dari Viva.co.id (09/07/2022).

Berbeda dengan Gryla, Leppaluoi tidak memiliki wajah yang lebih buruk dan jelek dari nenek tua itu. Mereka dikenal memiliki 20 anak, namun menurut kumpulan cerita rakyat Jon Rnason Gryla dan Leppaluoi hanya memiliki 19 anak.

Satu anak lainnya dihasilkan Leppaluoi di luar nikah bernama Skroggur. Skroggur adalah seorang gadis yang merawat Gryla ketika dia sakit dan terbaring di tempat tidur selama setahun penuh.

Leppaluoi tidak bisa mengurus Gryla dan anak-anak mereka yang banyak, jadi dia menyewa gadis bernama Skroggur ini. Ketika Gryla sembuh dari penyakitnya dia sangat marah mengetahui bahwa Leppaluoi memiliki anak dari Skroggur dan langsung mengusir Skroggur.

Gryla telah menikah sebelumnya

Gryla sendiri telah menikah sebelum dia bertemu Leppaluoi. Nama suami pertamanya adalah Boli, mereka memiliki banyak anak. Boli juga seorang kanibal seperti Leppaluoi, Boli meninggal karena usia tua dan setelah kematiannya Gryla menemukan Leppaluoi.

Gryla dan Leppaluoi memiliki seekor kucing

Diceritakan dalam mitos, pasangan kanibal itu juga memiliki seekor kucing besar yang datang mengintai di malam natal dan memangsa orang-orang terutama nak-anak yang tidak mendapatkan hadiah natal.

Gryla dan Leppaluoi memiliki seorang anak yang baik

Anak itu bernama Yule Lads adalah anak yang baik kepada anak-anak dan kerap memberikan mereka hadiah 13 hari sebelum natal. Anak-anak sangat senang dan menunggu kedatangan Yule untuk menantikan hadiah darinya. (Uli)

loading...