Mitos Awet Muda Dan Enteng Jodoh Di Goa Hawang

FOTO: detik.com/indolinear.com
Minggu, 28 Februari 2021
loading...

Indolinear.com, Langgur – Liburan ke Kepulauan Kei, traveler bisa berkunjung ke Goa Hawang. Di goa cantik ini, ada mitos awet muda dan enteng jodoh lho. Mau coba tidak?

Kepulauan Kei tak hanya punya pantai-pantai yang cantik. Ada juga Goa Hawang dengan pemandangan yang amat spektakuler. Airnya berwarna biru jernih, dengan dihiasi stalaktit dan stalagmit berusia ratusan tahun.

Selain itu, di goa ini masih tersimpan mitos yang dipercayai oleh warga setempat. Mitos itu berupa awet muda, gampang jodoh, hingga bisa mendapatkan keturunan. detikTravel mendapat cerita soal mitos ini dari Budhi Toffi, Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Maluku Tenggara yang asli Kei.

Menurut cerita Budhi, mitos yang beredar di masyarakat setempat menyebut kalau air Goa Hawang bisa membuat traveler awet muda. Caranya dengan membasuh muka menggunakan air goa ini.

“Saat-saat tertentu airnya akan muncul seperti cahaya kristal-kristal. Saat (cahaya -red) itu muncul, itu bisa untuk awet muda. Cahaya muncul kalau kita berjodoh dengan goa ini,” kata Budhi, dilansir dari Detik.com (27/02/2021).

Selain awet muda, apabila traveler belum mendapatkan jodoh lalu membasuh dengan air bercahaya ini, aura traveler dipastikan akan makin keluar dan gampang mendapatkan jodoh.

Mitos lainnya yang berkembang adalah, air goa ini bisa berkhasiat untuk ibu-ibu yang belum mendapatkan keturunan.

“Dipercaya untuk ibu-ibu yang belum punya anak, kalau masuk dan mandi di situ bisa punya anak,” imbuh Budhi.

Dahulu, saat masyarakat setempat masih menganut Animisme dan Dinamisme, goa ini digunakan sebagai tempat pemujaan dan pertapaan. Sampai sekarang pun, Goa Hawang masih didatangi orang untuk bersemedi. Itu bisa dilihat dari bekas-bekas sesajen yang ada di dekat mulut goa.

“Orang semedi di sini biasanya datang malam. Semedinya di pelataran goa. Sampai sekarang masih ada yang suka semedi, dari mana-mana, dari Jawa, macam-macam,” jelas Budhi.

Terlepas dari benar dan tidaknya mitos tersebut, Goa Hawang tetap menarik untuk dikunjungi. Airnya yang jernih, segar dan dingin sangat menggoda kita untuk berenang di dalamnya.

Cara ke Sana:

Traveler bisa menggunakan angkutan umum untuk ke Goa Hawang. Naiklah dari Pasar Langgur, kemudian turun di Desa Letvuan. Tarifnya sekitar Rp 7.000 per orang.

Traveler bisa juga menyewa mobil seharian untuk keliling Kepulauan Kei. Tarif sewanya sekitar Rp 600 ribu per mobil, sudah termasuk bensin dan sopir. Lebih fleksibel, dan asyik kalau patungan bersama teman-teman. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: