Mitos Atau Fakta Seputar Usus Buntu Yang Harus Anda Ketahui

FOTO: pikiran-rakyat.com/indolinear.com
Minggu, 12 Desember 2021

Indolinear.com, Jakarta – Usus buntu bukan penyakit yang baru untuk didengar. Penyakit ini bisa menyerang siapapun tanpa pandang bulu.

Jika penyakit sudah menyerang, maka perut akan terasa sakit sekali. Sehingga memang perlu penanganan dengan segera.penyakit

Bahkan ada beberapa kasus yang membuat penderitanya dioperasi sebagai penanganan. Terkadang fakta demikian membuat sebagian orang menilai bahwa penyakit usus buntu adalah penyakit yang sangat berbahaya karena melibatkan operasi di dalamnya.

Penyakit usus buntu itu sendiri memiliki penyebabnya. Maka perlu untuk mengetahui pemicu usus buntu agar bisa dijadikan sebagai landasan untuk upaya pencegahan.

Bahkan karena penyakit ini juga bukan penyakit yang baru, banyak sekali informasi yang sudah tersebar di masyarakat. Meskipun ternyata sebagian pernyataan itu belum bisa dibuktikan kebenaran.

Namun sering terdengar dari mulut ke mulut. Hingga tersebar sejauh dan selama ini serta masyarakat mempercayainya.

Bahkan ketika mempercayainya, terkadang seseorang juga menularkan informasinya kepada orang lain. Sehingga informasi itu bisa tersebar, padahal kebenarannya juga belum tentu terjadi sebagaimana mestinya.

Lalu seperti apa mitos dan fakta seputar usu buntu? Mari simak untuk memperoleh ulasan terkait usus buntu sebagai salah satu masalah yang menyerang organ pencernaan.

Ada beberapa mitos dan fakta seputar usus buntu yang harus kamu ketahui. Dilansir dari Pikiran-rakyat.com (11/12/2021), berikut adalah penjelasannya:

Mitos jika mengatakan bahwa usus buntu tidak berguna. Padahal faktanya banyak studi yang membuktikan bahwa organ tersebut memiliki peran juga. Peran yang diberikan berupa melindungi tubuh dari serangan penyakit.

Mitos jika mengatakan bahwa usus buntu disebabkan oleh biji cabai atau jambu biji yang telah dikonsumsi. Padahal faktanya biji cabai dan jambu biji memiliki ukuran terlalu kecil untuk dikatakan sebagai penyebab penyumbatan pada organ usus buntu. Sehingga pernyataan terkait biji cabai dan jambu biji menjadi penyebab usus buntu memiliki kemungkinan kecil.

Mitos jika mengatakan bahwa penyakit usus buntu bisa sembuh dengan sendirinya. Padahal faktanya penyakit usus buntu memerlukan penanganan berupa antibiotik dan anti peradangan. Bahkan ada beberapa kasus yang mengharuskan penderita usus buntu melakukan operasi.

Mitos jika mengatakan bahwa usus buntu menjadi penyebab setiap nyeri perut yang terjadi pada seseorang. Padahal faktanya nyei perut yang disebabkan oleh usu buntu memiliki ciri seperti nyeri ulu hati yang disertai begah, kembung atau mual dan muntah. Bahkan rasa sakit yang terjadi bisa berpindah posisi perut kanan bawah dengan rasa sakit yang begitu menusuk.

Mitos jika mengatakan bahwa mie instan menjadi penyebab terjadinya usus buntu. Padahal faktanya mie instan tidak menyebabkan usus buntu. Hanya saja konsumsi mie instan yang berlebih juga tidak baik. Bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan kebutuhan gizi dalam tubuh tidak tercukupi.

Itulah fakta dan mitos seputar usus buntu yang mungkin selama ini sering kamu dengar. Semoga bisa bermanfaat dan dapat menambahkan informasi agar dapat bersikap lebih bijak dalam menghadapi penyakit pada salah satu organ pencernaan ini. (Uli)

loading...