Mitos Akar Minang Buat Orang Tersesat hingga Mampu Menangkal Pencuri

FOTO: okezone.com/indolinear.com
Sabtu, 1 Januari 2022
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Akar Minang kerap kali dihubungkan dengan benda magis bagi sebagian masyarakat Jawa. Konon akar mimang berasal dari akar pohon dewandaru, sebuah pohon yang dianggap sakral dan keramat oleh masyarakat Jawa.

Akar mimang digunakan sebagai media perumpamaan karena efek yang sama antara seseorang yang melangkahi akar mimang dan seseorang yang tersesat.

Dikutip dari Okezone.com (31/12/2021), akar mimang disebut bisa membuat orang linglung atau kebingungan, sehingga menyebabkan tersesat saat berada berada di sekitarnya.

Biasanya akar mimang ini berwarna kuning kecoklatan, dimana bentuk akarnya berbeda dengan alat pada umumnya. Akar mimang lebih menghujam ke tanah, akar ini justru melingkar dan membentuk simpul.

Pada umumnya akar mimang ini berbeda dengan tanaman lainnya, dari asal usul dan permulaannya. Tetapi akar mimang memang sampai saat ini belum diketahui dari mana asalnya, tempat mencarinya, dan dari mana kekuatan magis yang dimiliki tersebut muncul.

Berdasarkan mitos ada yang mengatakan bahwa akar ini berasal dari pohon Dewandaru. Namun, ada pula yang beranggapan bahwa akar ini tumbuh dari akar beringin yang menggantung. Pada mitos lain, jika terdapat sebuah tempat yang sering membuat orang tersesat maka bisa jadi di tempat tersebut terdapat akar mimang.

Menurut kepercayaan masyarakat jawa, akar mimang akan memberikan efek kebingungan (hilang akal), linglung (lupa segala-galanya), tidak tau mau apa, dan kemana tujuan bagi siapapun yang melangkahi akar mimang tersebut.

Akibatnya, seseorang tersebut akan terus berjalan dan berputar-putar saja di area akar mimang berada, bahkan dalam beberapa kasus seseorang bisa saja tersesat. Oleh karena itu, akar mimang juga disebut sebagai “pusaka penyesat”.

Akar ini dipercaya mempunyai banyak manfaat, antara lain sebagai pagar rumah, pagar diri, dan pengobatan. Akar mimang bisa ditanam di rumah, tetapi sebelum ditanam konon tanaman ini harus dibawa memutar atau dibawa berkeliling rumah dengan arah putaran ke kiri.

Karena memiliki mitos membuat bingung, akar mimang ini dipercaya bisa membuat bingung para pencuri yang masuk ke dalam rumah. Mereka akan kebingungan menemukan jalan keluar dari rumah itu. (Uli)