Mirip Thailand, Begini Penampakan Dupak Magersari Railway Market Di Surabaya

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Kamis, 17 Desember 2020
Unik | Uploader Yanti Romauli
loading...

Indolinear.com, Thailand –Mirip dengan Maeklong Railway Market di Thailand, Kota Surabaya memiliki Dupak Magersari Railway Market. Pasar di pinggir rel kereta api terletak persis di sebelah Pasar Turi dan Pusat Grosir Surabaya (PGS). Tepatnya di Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Pasar Rel Dupak Magersari ini menjadi salah satu ciri khas yang tak terpisahkan dari Kota Surabaya.

“Lek nang Thailand duwe Maeklong railway market, Suroboyo yo duwe “Dupak Magersari Railway Market” panggone persis sebelah Pasar Turi & PGS. Ono seng tau belonjo/mampir mrene? Rel KAI Pasar Turi/PGS (Kalau di Thailand punya Maeklong Railway Market, Surabaya juga punya Dupak Magersari Railway Market. Lokasinya persis di sebelah Pasar Turi dan PGS. Ada yang pernah belanja/mampir ke sini?),” dilansir dari Merdeka.com (16/12/2020).

Aktivitas Unik

Aktivitas di Pasar Rel Dupak Magersari ini ramai antara pukul 06.00 hingga 09.00 WIB. Bertepatan dengan jadwal KRD  Bojonegoro tujuan Sidoarjo yang berangkat dari Stasiun Surabaya Pasar Turi pada pukul 06:50 WIB.

Para pedagang dan pembeli di pasar ini memiliki kebiasaan unik setiap kali sirine pintu perlintasan kereta api Jalan Raya Dupak berbunyi. Para pedagang langsung bersiap menutup dagangan mereka, memberi jalan untuk kereta api yang hendak melintas.

Demikian halnya dengan para pembeli, mereka sontak menepi dari area rel kereta. Begitu kereta api sudah melewati areal pasar rel, para pedangan dan pembeli kembali melakukan aktivitas jual beli seperti sediakala.

Tidak ada raut kaget atau takut yang terpancar dari wajah mereka. Sejak dahulu kala, para pedagang dan pembeli di Pasar Rel Dupak Magersari sudah terbiasa berkegiatan dengan kereta api yang melintas.

Alasan Pedagang

Para pedagang yang berdagang di Pasar Rel Dupak Magersari memiliki alasan yang berbeda-beda. Ada yang memutuskan berdagangan lantaran pasar tersebut ramai pembeli, ada juga yang memilih berdagang di pasar itu lantaran letaknya dekat dengan tempat tinggalnya.

Pasar Rel Dupak Magersari ini terletak di daerah padat pemukiman sehingga mudah bagi para pedagang untuk menjangkau pembeli. Inilah alasan utama para pedangan memutuskan menjajakan dagangannya di pasar rel tersebut.

Harga Murah

Sementara itu, dari sisi pembeli, banyak di antara mereka yang beranggapan harga kebutuhan sehari-hari di Pasar Rel Dupak Magersari ini bisa dikatakan terjangkau. Selain itu, letak pasar yang dekat dari permukiman warga juga menjadi pilihan bagi para pembeli.

Bahkan, para pembeli yang berbelanja di Pasar Rel Dupak Magersari tidak hanya berasal dari kelurahan Jepara, tetapi juga dari Kelurahan Krembangan Selatan dan Kelurahan Bubutan. (UlI)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: