Mewaspadai Penipuan Lewat DM Instagram Berkedok Menang Undian

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Selasa, 28 Desember 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Pakar Keamanan Siber dari Vaksincom, Alfons Tanujaya, mengatakan pengguna media sosial harus waspada saat menerima DM Instagram. Terutama, DM Instagram dari orang tidak dikenal. Contohnya saja bisa menyamar sebagai CS Bank yang mengatakan Anda pemenang sebuah undian. Padahal bukan sebagai nasabah.

“Ada dua unsur, pertama bukan nasabah dan kedua tidak merasa ikut undian,” kata Alfons melalui keterangannya, dilansir dari Merdeka.com (27/12/2021).

Jika korbannya ternyata memang nasabah bank bersangkutan dan sedang ikut undian, korban akan memiliki titik lemah, di mana ia berharap menang dan ketika mendapatkan informasi dirinya menang undian, kegembiraan karena menang undian akan menutupi kewaspadaan atas penipuan yang terjadi.

“Ini juga harus ditunjukkan kepada korban yang tepat pada waktu yang tepat,” jelas dia.

Jika korban terperdaya dan mengikuti tautan yang diberikan, korban akan terhubung pada nomor WhatsApp yang telah dipersiapkan oleh penipu. Sebagai peserta undian yang dihubungi oleh admin, tentunya pengguna tersebut bakal ingin tahu apakah benar sudah menang undian.

Padahal hal ini sudah dipersiapkan dengan matang oleh penipu dengan situs penipuan (phishing).

Melalui WhatsApp, korban dipersiapkan dan diarahkan pada situs yang dipersiapkan (situs pemenang undian) dan mendapat konfirmasi menang undian dan langsung diarahkan ke situs phishing bank palsu.

Tujuan penipu mengarahkan korban ke situs phishing adalah untuk mengetahui kredensial pengguna mobile banking. Penelusuran Vaksincom mengungkap, situs tersebut di-hosting di zyronite.com dengan alamat yang disamarkan, seakan-akan dari bank yang bersangkutan. (Uli)