Merasa Hidup Stagnan? Jangan Terpuruk, Ini Enam Cara Melewatinya

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Senin, 20 Juli 2020

Indolinear.com, Jakarta – Anda sedang merasa terpuruk dan stagnan dalam hidup. Nasib seperti tidak berpihak pada Anda dan ini membuat frustasi.

Jangan berkecil hati, semua orang pernah melalui itu. Ingat hidup itu seperti roller coaster, kadang naik kadang turun.  Anda tidak akan selalu ada di posisi terpuruk, ada waktunya Anda akan di atas.

Saat Anda berada di fase terbawah kehidupan, Anda jangan membiarkannya dan malah makin terpuruk. Bangkitlah dan lakukan 6 hal ini seperti dikutip dari Liputan6.com (18/07/2020):

  1. Realistislah

Tidak ada yang dapat mengubah kehidupan selain diri Anda sendiri. Berusahalah untuk menjadi realisitis dan mengakui bahwa keadaan Anda sedang tidak baik-baik saja. Bangkitlah untuk merubah posisi tersebut.

  1. Lakukanlah Hal yang Berbeda

Rasa stagnan mungkin hadir karena Anda terjebak dengan melakukan rutinitas yang sama saja tiap harinya. Hal ini tentu membosankan dan akan memperburuk kondisi Anda.

Jika Anda merasa bosan dan sudah muak dengan kondisi yang seperti, maka ubahlah sedikit rutinitas harian Anda. Misal, melakukan kebiasaan pagi yang sedikit berbeda dari hari-hari sebelumnya.

  1. Lakukanlah Hal yang Anda Sukai

Hidup akan begitu cepat membosankan jika Anda mengerjakan hal-hal yang tidak disukai. Jika Anda mulai merasa bosan, maka lakukanlah sesuatu yang Anda sukai. Seperti hobi, dengan itu Anda bisa mendapatkan semangat serta energi baru untuk mejalani hari selanjutnya.

  1. Kuatkanlah Mental Anda

Jika Anda merasakan frustasi dengan keadaan seperti ini, itu berarti mental atau jiwa Anda sedang melemah. Untuk itu, kuatkanlah mental Anda. Tanamkan dalam benak Anda jika ini pasti akan terlewati dengan indah.

Teruslah tanamkan hal-hal yang positif dalam benak Anda, dan ini akan menguatkan mental serta jiwa Anda dengan sendirinya.

  1. Bertanggung Jawablah

Terus mengeluh dan menyalahkan keadaan tidak akan membuat Anda bisa melewati fase ini. Bertanggung jawablah akan keadaan ini, hadapilah dan kuatkanlah diri Anda untuk melawan kondisi terpuruk ini.

  1. Bersemangatlah

Bersemangatlah, motivasi diri Anda lebih giat lagi. Jika bukan Anda yang memotivasi, maka siapa lagi? Jangan berharap orang-orang akan memotivasi Anda untuk melewati ini.

Jika Anda kekurangan semangat atau motivasi maka bacalah buku-buku penyemangat, dan nontonlah video-video dari motivator yang ada di Youtube atau sosial media lainnya. (Uli)