Merangkul Google, Mobil Honda Dilengkapi Fitur Android Automotive Mulai 2022

FOTO: liputan6.com/indolinear.com
Jumat, 1 Oktober 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Honda telah mengumumkan integrasi dengan Google dan akan menggunakan Android Automotive OS untuk model baru yang akan diluncurkan pada paruh kedua 2022 di Amerika Utara. Namun, untuk model apa yang akan menggunakan sistem tersebut, akan diumumkan dalam waktu ke depan.

Dilansir dari Liputan6.com (29/09/2021), produsen mobil asal Jepang ini telah menjadi bagian dari Open Automotive alliance yang dipimpin Google sejak 2015, yang berfokus membawa platform Android ke mobil. Saat ini, mobil dari pabrikan berlambang huruf H di Amerika Serikat, telah dilengkapi sistem infotainment yang juga mendukung Android Auto yang diproyeksikan dari smartphone ke head unit mobil.

Android Automotive OS mengambil langkah lebih jauh dengan menjadi sistem yang lebih terintegrasi yang mampu mengendalikan segala sesuatu mulai dari pemutaran media hingga navigasi, kontrol kursi, HVAC, dan lain-lain.

Lebih penting lagi, ini mencakup fungsi utama Google bawaan seperti Google Assistant, Google Maps, dan aplikasi di kendaraan.

Perusahaan mobil akan dapat merancang antarmuka pengguna mereka sendiri di atas sistem operasi, mirip dengan apa yang dilakukan pembuat smartphone seperti Samsung dan Xiaomi dengan penawaran mereka.

Honda bukan satu-satunya merek yang menggunakan Android Automotive OS, karena Volvo telah menggunakannya pada XC40 Recharge, dan juga kendaraan listriknya Polestar 2 . Pembuat mobil lain seperti Ford dan yang tergabung dalam Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi juga bekerja sama dengan Google untuk menanamkan sistem di mobil masa depan.

Model Terbaru Honda City Hybrid Meluncur pada 2022

Honda Cars India berencana meluncurkan Honda City hybrid terbaru tahun depan. Hal tersebut, dikonfirmasi oleh Rajesh Goel, Wakil Presiden Senior Honda Cars India, dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Honda City hybrid generasi kelima ini akan dihadirkan pada tahun fiskal, antara April 2022 hingga Maret 2023.

Di India, Honda City Hybrid 2022 hadir dengan efisiensi bahan bakar sekitar 27,7 km/liter. Sementara klaim di Thailand mencapai 27,8 km/l, dan 27,7 km/l di Malaysia dalam kondisi pengujian lokal.

Dibandingkan dengan ekonomi bahan bakar Honda City bermesin konvensional, model ini menjadi kendaraan paling hemat bahan bakar.

Honda City hybrid sendiri dipersenjatai mesin Atkinson Cycle empat silinder 1,5 liter yang menghasilkan daya maksimum 98 Tk.

Sedangkan motor listrik yang diusung mampu menghasilkan 109 Tk. Belum ada angka resmi terkait tenaga kombinasi dari mesin-mesin tersebut.

Dibandingkan dengan versi konvensional, Honda City Hybrid lebih cepat 0,5 detik dan bisa menjadi salah satu hybrid paling berpengaruh saat diluncurkan. (Uli)