Menyelenggarakan Perayaan Natal Bersama, Puan: Parlemen Harus Bawa Pesan Persatuan

FOTO: dpr.go.id/indolinear.com
Sabtu, 30 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta  – Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani membuka acara puncak Perayaan Natal bersama MPR, DPR, dan DPD RI Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021 digelar pada Kamis (28/01/2021) sore. Acara digelar secara virtual dan dihadiri terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan. Ia mendorong parlemen untuk terus membawa pesan persatuan dan gotong royong kepada segenap rakyat Indonesia.

“Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmatNya kita bisa hadir perayaan Natal MPR/DPR/DPD RI. Pertama saya ingin mengucapkan selamat perayaan natal kepada seluruh umat kristiani dan selamat tahun baru 2021 kepada kita semua. Semoga kita semua diberi kesehatan oleh yang Maha Kuasa,” ucap Puan dalam sambutannya, dilansir dari Dpr.go.id (29/01/2021).

Puan mengatakan perayaan natal kali ini memang berbeda dengan tahun – tahun sebelumnya karena adanya pembatasan sosial di masa pandemi. “Saya masih ingat perayaan natal tahun lalu dirayakan dengan kemeriahan, tapi tahun ini ada Pandemi Covid-19, maka kita perlu menahan diri dan merayakannya dengan kesederhanaan sebagai wujud tanggung jawab kemanusiaan kita untuk memutus rantai penyebaran Covid – 19. Saya yakin walaupun perayaan natal kali ini dilakukan dengan kesederhanaan namun perayaan natal tetap membawa damai umat kristiani yang turut dirasakan diseluruh Indonesia,” kata Puan.

Politisi F-PDI Perjuangan ini terus mengingatkan untuk selalu menyuarakan pentingnya persatuan, kepada seluruh umat beragama. Dia berpesan agar kalangan Agamawan jangan pernah lelah mengingatkan umat beragama di Indonesia tentang pentingnya menerapkan nilai gotong royong, yang merupakan intisari dari Pancasila dan bagian dari jati diri Indonesia.

“Persatuan adalah bagian dari DNA bangsa Indonesia, bagian dari jati diri kita, terutama bagi kita semua yang bekerja di Gedung Perwakilan Rakyat. Mari kita perkuat kesatuan kita di Gedung Senayan yang menjadi contoh bagi seluruh rakyat Indonesia. Kita kuat karena bersatu, bersatu karena kita kuat,” tandas Puan.

Sementara, Anggota Komisi VII DPR RI sekaligus Ketua Panitia Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 MPR, DPR, dan DPD Willy Midel Yoseph mengatakan, perayaan natal kali ini terbagi dalam beberapa rangkaian acara yang diisi dengan kegiatan sosial, webinar dialog antar umat beragama dan perayaan puncak ibadah Natal dan Tahun Baru.

Pelaksanaan aksi sosial tersebut merupakan bagian dari Pra Perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 MPR, DPR dan DPD RI. Adapun pemberian bantuan logistik berupa bantuan paket sembako kepada jemaat yang terdampak langsung pandemi Covid – 19. Bantuan diberikan melalui perwakilan gereja – gereja di wilayah jabodetabek dan sekitarnya.

Bantuan kasih juga diberikan kepada korban gunung erupsi Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT). “Kami juga memberikan bantuan dan sumbangan kasih kepada korban kekerasan kabupaten Sigi. Selain itu juga diberikan santunan, baik berupa barang dan uang yang disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing yayasan panti werda. Panti asuhan lintas agama baik nasrani maupun umum,” lanjut Willy.

Sementara itu Webinar bertajuk ‘Bersatu dalam Keragaman dan Kedamaian Mengatasi Pandemi Covid -19’ yang juga bagian dari Pra Perayaan Natal telah diselenggarakan pada tanggal 14 Januari 2021 lalu. Webinar dihadiri petinggi lembaga negara hingga pemuka lintas agama. Diharapkan rangkaian perayaan Natal dan Tahun Baru kali ini membawa pesan persatuan dan semangat gotong royong menghadapi pandemi Covid – 19.

“Saya sampaikan terima kasih setulusnya kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik tenaga, materiil dan moril demi keberhasilan dan kesuksesan perayaan natal 2020 dan tahun baru 2021 MPR, DPR, dan DPD RI,” tutup Willy. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: