Menyambut Formula E, Cikal Bakal Masa Depan Balapan Motorsport

FOTO: kompas.com/indolinear.com
Rabu, 1 Juni 2022

Indolinear.com, Jakarta – Indonesia bersiap untuk menggelar ajang Formula E yang disebut sebagai cikal bakal masa depan balapan motorsport.

Indonesia akan menjadi tuan rumah seri kesembilan Formula E 2022. Seri balap Indonesia ini bernama resmi Jakarta E-Prix 2022.

Menurut jadwal Formula E, Jakarta E-Prix 2022 akan digelar di Jakarta International E-Prix Circuit, Ancol, Jakarta Utara, Sabtu (4/6/2022).

Formula E sedikit berbeda dari ajang balap motorsport roda empat lainnya, seperti Formula One (F1).

Jika F1 memakan waktu berhari-hari untuk menggelar satu seri balapan, Formula E mengusung konsep satu hari selesai.

Oleh karena itu, sesi free practice/latian bebas, kualifikasi, sampai race Formula E Jakarta akan dilangsungkan pada hari yang sama.

Rangkaian balapan Jakarta E-Prix alias Formula E Jakarta 2022 dimulai dari pukul 07.15 WIB sampai 16.00 WIB.

Vice President Infrastructure and General Affairs OC Jakarta E-Prix 2022 Irawan Sucahyono menyebut bahwa Indonesia beruntung bisa menjadi tuan rumah Formula E.

Sebab, menurut Irawan Sucahyono, Formula E adalah cikal bakal masa depan dunia motorsport dan Indonesia terlibat di dalamnya.

“Indonesia sebagai salah satu tuan rumah Formula E memang sangat beruntung karena future ini datang di Indonesia,” ucap Irawan dalam rilis Jakpro yang dilansir dari Kompas.com (31/05/2022).

“Formula E ini adalah future dari motorsport. Ini green motorsport. Jadi, mungkin nanti dunia balapnya akan berubah semua menjadi seperti ini,” kata dia menambahkan.

Selain itu, gelaran Formula E di Jakarta juga bisa meningkatkan kesadaran sustainability dan energi terbarukan.

Sebab, Formula E menggunakan mobil bertenaga listrik yang berprinsip zero emission alias bebas emisi.

Konsep zero emission dan sustainability ini secara otomatis juga memengaruhi keseluran desain event Formula E.

Misalnya, dalam pengerjaan sirkuit, penyelenggara tidak menebang pohon yang menghalangi pemabangunan, tetapi memindahkannya.

Selain itu, Formula E juga mengombinasikan tiga hal, yakni performance, efficiency dan sustainability.

Ketiga hal itu terlihat jelas mengingat ajang ini mengandalkan tenaga listrik sehingga lebih bersih, efisien dan pengelolaan acaranya pun lebih sustainable. (Uli)

loading...