Menuju Adiwiyata, Jumsih Mulai Digalakan

Sabtu, 20 Februari 2016

sIndolinear.com, Tangsel – Menuju kegiatan Adipura di tahun 2016, Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengumumkan  kepada seluruh SKPD untuk melakukan Jumat Bersih (Jumsih) di kantornya masing-masing pada Jumat, (19/2/2016).

Tak hanya SKPD, Kepala BLHD Rahmat Salam pun menginstruksikan kepada sekolah, rumah sakit, maupun pihak swasta lainnya untuk menggalakan kebersihan terutama di hari Jumat.

“Kegiatan ini dilakukan menuju Adipura. Karena, penilaian Adipura akan datang tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Sehingga mulai dari sekarang kita harus terus menjaga kebersihan,” ungkapnya saat ditemui di Halaman Kantor BLHD, Kecamatan Setu, Kota Tangsel.

Menurutnya hasil akhir tidak menjadi prioritas, namun yang dilihat adalah proses. Meskipun belum bersih, tapi melihat pekerjaan ini tentu adanya upaya untuk mewujudkan Tangsel bersih.

“Kegiatan Jumsih selalu dilaksanakan oleh BLHD, namun kali ini kita mengajak kepada pihak lainnya. Kami juga sudah mulai ada operasi pembersihan sungai, ipal, saluran limbah, pasar, dan lainnya,” jelas Rahmat.

Semua pengelola yang berkaitan dengan itu sudah di kerahkan. Bahkan puskesmas yang menghasilkan limbah mengandung B3 sudah membakarnya.

Dalam Adiwiyata banyak faktor yang dinilai, seperti penataan yang lebih baik. Semisal harus bersih dari sampah, penataan keteduhan dan keasrian pohon, serta tidak membuang sampah sembarang di pekarangan.

“Dalam Jumsih kali ini pun, pelajar banyak yang ikut membantu di BLHD, mereka juga sekaligus belajar mengenai kebersihan disini,” jelasnya.

Dia mengatakan, bahwa dirinya mengajarkan siswa SD Hikari dan mahasiswa UIN Jakarta untuk operasi semut. Dimana membersihkan sampah langsung diambil menggunakan tangan yang kemudian dibekali plastik untuk membuang sampah di masiing-masing siswa.

“Kita harus melibatkan peran serta masyarakat. Mulai dari yang terkecil hingga yang tertua. Agar mereka terus terbiasa dalam membersihkan lingkungannya masing-masing,” paparnya.

Meski Rahmat Salam belum mengetahui kapan penilaian Adipura dilaksanakan, namun dia mendapat bocoran bahwa antara di bulan Februari hingga Maret, sehingga perlu adanya kerja bakti saat ini. (sophie)

 

 

 

 

loading...