Menteri ATR-Menteri PUPR Mencek Tata Ruang Di Grand Kota Bintang Bekasi

FOTO: detik.com/indolinear.com
Jumat, 29 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta –¬†enteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendatangi perumahan Grand Kota Bintang Bekasi. Kedatangan kedua menteri itu terkait pelanggaran pemanfaatan ruang.

Sofyan Djalil tiba di lokasi pukul 09.30 WIB. Sementara, Basuki baru tiba sekira pukul 09.50 WIB.

“Pelanggaran pemanfaatan ruang di kawasan perumahan Grand Kota Bintang Bekasi berupa perubahan alur sungai dan tidak memiliki izin dari Kementerian PUPR terkait perubahan alur sungai tersebut,” ujar Sofyan Djalil dalam keterangan tertulisnya, dilansir dari Detik.com (28/01/2021).

Sofyan mengatakan, perubahan alur sungai tersebut dilakukan demi pemanfaatan ruang untuk komersil. Serta, penambahan untuk unit perumahan.

“Perlu dikenakan sanksi administrasi bidang penataan ruang, yaitu pengembalian fungsi lingkungan dengan pembongkaran dan pelebaran alur Sungai Cakung yang semula 6 meter (m) menjadi kembali 12 m beserta sempadan sungai selebar 5 m yang diperuntukkan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH),” kata dia.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto Tjahyono mendampingi Menteri Sofyan dan Menteri Basuki. Selain itu, turut Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Jarot Widyoko dan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisandane (BBWSCC), Bambang Heri Mulyono.

Adapun kawasan Grand Kota Bintang Kalimalang, Bekasi merupakan pusat bisnis yang rencananya akan dibangun perumahan. Beberapa waktu lalu, area depan Grand Kota Bintang digenangi banjir.

Jalan yang digenangi banjir itu merupakan akses jalan dari Bekasi menuju Cawang, Jakarta Timur, ataupun sebaliknya. (Uli)