Mental Baja Penjual Snack Online, Hampir Bangkrut Kini Banjir Order

FOTO: dream.co.id/indolinear.com
Minggu, 12 Juli 2020
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Fitria Hadiah tak pernah keputusannya untuk tetap menjalankan bisnis jual beli makanan ringan yang sempat diambang kebangkrutan kini membuahkan hasil. Memakan brand Juara Snack, bisnis Fitria kini menjadi pemain besar kategori Snack di platform e-Commerce, Lazada.

Selain ketekunan dan inovasi, bisnis yang dijalankan Fitria seperti mendapat berkah di balik kesempitan akibat wabah Covid-19. Pemesan snack di outlet onlinenya meningkat pesat selama masyarakat menjalani aktivitas di rumah saja.

Membludaknya pesanan snack memaksa Fitria menambah jumlah karyawannya 15-20 orang untuk memenuhi permintaan konsume yang 80 persen berasal dari tokonya di Lazada, dilansir dari Dream.co.id (10/07/2020).

Keinginan menjadi pebisnis sudah muncul dalam diri Fitria sejak duduk di bangku mahasiswa. Tekad menjadi entrepreneur dibuktikannya dengan menjual apa saja demi menempa diri menjadi pebisnis sejati.

Memasuki dunia kerja, Fitri mencoba menambah pengalaman dengan menjadi pekerja kreatif di digital advertising agency. Tekad menjadi entrepreneur tak pernah pupus karena Fitria menyambi dengan tetap berjualan makanan ringan sebagai tambahan pemasukan.

Berawal Pasok Camilan ke Toko

Berawal dari memasok produk ke toko camilan offline di Mampang, Jakarta, Fitria perlahan-lahan menemukan model bisnis tersebut sulit bertahan. Tantangan muncul tatkala Fitria sempat berpikir tak melanjutkan bisnis itu karena sudah berada di ambang kebangkrutan.

Namun niat itu diurungkan Fitria. Dia mulai melakukan berbagai riset, analisa, dan menyusun strategi hingga akhirnya muncul brand Juara Snack. Tak lagi fokus pada toko offline, kini Fitria lebih banyak memasarkan produknya melalui penjualan online.

Dengan menjual berbagai jenis camilan yang dikemas ulang dengan branding menarik, Juara Snack saaat ini telah menjadi pemain yang besar di kategori snack di Lazada.

“ Selama masa pandemi ini, jumlah pesanan pesanan produk Juara Snack meningkat sangat pesat. Berkat adanya Lazada Birthday promo dan promo Ramadhan, pesanan meningkat dari 100-200 pesanan harian hingga menjadi 1,000 pesanan harian,” ungkap ujar Fitria Hadiah, pemilik Juara Snack.

Membludak dan Sempat Kewalahan Layani Order

Sempat kewalahan, Fitria mengatakan harus membatasi pesanan untuk sementara agar dapat memenuhi pesanan yang masuk. Namun tak ingin mengecewakan pembeli, Fitria memutuskan untuk 15 karyawan freelance untuk membantu operasional toko. ” Jadi selain memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat, Alhamdulillah saya juga dapat memberikan pekerjaan bagi yang membutuhkannya,” katanya.

Kerja keras yang dilakukan Fitria membuat Juara Snack telah mencapai Level 7 untuk kategori sellers. Umumnya kategori ini dicapai oleh sellers lain yang menjual gadget atau brand-brand besar lainnya.

Selain layanan yang maksimal, Fitria juga mengatur tampilan gerainya di Lazada menjadi lebih mudah dan disesuaikan melalui fitur customization bagi para sellers. Dengan wajah yang lebih segara ini diharapkan dia bisa membuat konsumen semakin tertarik untuk belanja di Juara Snack. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: