Menparekraf Akan Dorong Industri Pariwisata Beserta Dengan Ekosistemnya

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Sabtu, 9 Januari 2021
loading...

Indolinear.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya akan serius mendorong industri pariwisata sekaligus ekosistemnya.

Membaiknya industri pariwisata, dianggap dapat meningkatkan ekonomi kreatif.

“Ekonomi kreatif ini akan tumbuh jika sektor pariwisata juga bisa membangun ekosistemnya, terutama pariwisata lokal,” kata Sandiaga melalui keterangan persnya, dilansir dari Tribunnews.com (08/01/2021).

Alasannya, menurut Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) itu, lapangan pekerjaan yang diserap sektor pariwisata sangat banyak.

Karena itu, butuh kerja sama atau kolaborasi dari seluruh stakeholders, termasuk masyarakat.

Hal utama yang paling mudah dan perlu dilakukan bersama adalah tetap menjaga protokol kesehatan dengan baik.

Selain kolaborasi, Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu juga mengatakan, inovasi dan adaptasi juga diperlukan untuk memajukan pariwisata lokal.

“Menurut saya, kita harus lebih inovatif dan harus kita lakukan dalam kesiapan produk-produk pada setiap destinasi wisata di Tanah Air,” kata dia.

Dia menilai, destinasi wisata di Indonesia harus memenuhi syarat protokol Cleanliness, Healthy, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) atau memenuhi dari segi Kebersinan, Kesehatan, Keselamatan dan Keberlanjutan Lingkungan (K4).

Intinya, Sandiaga optimis sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan segera bangkit.

“Kita yakin bahwa lapangan kerja yang sempat hilang akan tercipta kembali. Tahun ini akan menjadi awal kebangkitannya,” ujarnya. (Uli)

INFORMASIKAN PADA SAHABAT: