Menlu Australia Dan Indonesia Rencana Bertemu Hari Rabu Di Jakarta

FOTO: tribunnews.com/indolinear.com
Selasa, 9 November 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarta – Menteri Luar Negeri (Menlu) Australia, Marise Payne akan melakukan rangkaian kunjungan ke Asia Tenggara, termasuk ke Jakarta, Indonesia.

Dalam pernyataannya, Payne mengatakan akan bertemu dengan Menlu Indonesia Retno Marsudi.

Rencana kunjungan Menlu Australia juga dibenarkan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah pada konferensi pers hari Senin (8/11/2021) secara virtual.

Duta Besar Faizasyah mengatakan pertemuan kedua Menlu akan dilakukan hari Rabu (10/11/2021) pada pagi hari.

Namun jadwal masih dikonsolidasikan, karena bertepatan juga dengan kedatangan Perdana Menteri Malaysia ke Indonesia.

“Yang saya bisa confirm, pertemuannya akan dilakukan dengan Ibu Menlu. Akan dilakukan Rabu ini, tanggal 10 pagi hari. Jadwalnya masih dikonsolidasikan karena di hari yang sama ada kunjungan dengan PM Malaysia. Mudah-mudahan bisa dilaksanakan pada pagi hari,” ujarnya, dilansir dari Tribunnews.com (08/11/2021).

Jubir tidak bisa memastikan apakah Menlu Australia akan melakukan pertemuan dengan Menteri Indonesia lainnya selain Menlu Retno.

Jubir juga tidak bisa memastikan apakah pertemuan tersebut juga akan membahas soal kapal selam nuklir Australia.

“Mengenai apa yang akan dibahas dalam pertemuan hari Rabu nanti kita tunggu saja, mereka akan memberikan press statement setelah pertemuan,” lanjutnya.

Payne dalam keterangannya mengatakan, Australia dan Indonesia terus bekerja sama sebagai tetangga dekat dan Mitra Strategis Komprehensif.

Pertemuannya dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, untuk menegaskan kembali hubungan erat antara pemerintah, ekonomi, dan masyarakat kedua negara.

Termasuk membahas upaya-upaya untuk terus membangun kawasan Indo-Pasifik yang stabil, makmur, dan tangguh.

“Saya juga akan bertemu dengan para pemimpin perempuan di berbagai sektor publik dan swasta di Indonesia untuk bertukar pikiran tentang peluang dan tantangan bagi kepemimpinan perempuan,” kata Payne.

Selain Indonesia, Menlu Australia juga akan berkunjung ke Malaysia, Kamboja, dan Vietnam.

Payne mengatakan sentralitas ASEAN adalah inti dari visi Australia untuk Indo-Pasifik. (Uli)