Menkominfo: Tahun 2021 Deployment Teknologi 5G Akan Dimulai

FOTO: merdeka.com/indolinear.com
Sabtu, 16 Januari 2021
loading...

Indolinear.com, Jakarata – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengungkap rencana untuk memulai persiapan teknologi 5G. Diawali dengan proses deployment yang akan dilakukan di tahun 2021. Nantinya di tahun depan, akan dilakukan di tempat-tempat wisata.

“Tahun 2021 ditandai dengan persiapan deployment teknologi 5G di Indonesia. Mengawali di beberapa spot pariwisata utama, kawasan industri, dan kota-kota mandiri yang dari sisi ekosistem telah siap dengan 5G,” jelas Johnny saat konferensi pers virtual, dilansir dari Merdeka.com (15/01/2021).

Meski begitu, ia menyadari bahwa teknologi 5G perlu didukung dengan frekuensi yang memadai agar operator seluler memiliki kemampuan dan studi visibilitas matang untuk memulai deployment. Sebagai contoh, untuk menggelar 5G di wilayah pariwisata utama, juga tergantung pada ekosistem yang mendukung kelayakan investasi di daerah tersebut.

Sementara di kawasan industri, teknologi jaringan penerus 4G ini diharapkan dapat mendukung robotisasi yang mendukung efisiensi lebih baik terhadap investasi di wilayah tersebut. Begitu pula untuk kota mandiri yang memang dirasa layak untuk menggelar 5G.

“Jadi, model pembangunan 5G yang kita lakukan berdasarkan coverage area yang ekosistemnya sudah mendukung dan layak di sana,” kata Johnny lebih lanjut.

Selain itu, pemerintah juga menaruh perhatian pada pemilihan teknologi yang akan digunakan untuk menggelar layanan iniPertimbangan itu tidak hanya didasarkan pada belanja modal atau capex, tapi juga ketersediaan dan biaya jangka panjang.

“Kebetulan terkait dengan 5G kecepatan data sangat penting, pemilihan teknologi juga sangat menjadi perhatian kita, karena berkaitan dengan geoekonomi dan geostrategis juga,” ujar Johnny mengakhiri pernyataannya. (Uli)